You must Login to access Andal Forum. Registration is Free.
363 views
Open Discussion

SDM Berkualitas menentukan kualitas lain dalam Organisasi

Kita cenderung bangga dengan apa yang terlihat secara umum atas apa yang sudah kita capai, perusahaan besar dengan begitu banyak jumlah cabang disetiap lokasi atau jumlah orang yang terus bertambah yang menandakan perusahaan yang terus bertumbuh besar.

Banyak orang bahkan pengusaha saat ini cenderung lebih Melihat kuantitas sebagai tolok ukur pencapaian usahanya, produk banyak, profit besar atau jumlah SDM yang terus bertambah tapi sering kita lupa bahwa faktor kualitas jauh lebih utama yang bisa jadi tolok ukur pencapaian segala sesuatu karena hasil dan SDM sedikit tetapi kualitas nomor satu tentunya profitpun akan jauh lebih melesat apalagi jika kualitas ini terus dipertahankan maka kuantitas dengan sendirinya akan dipenuhi bahkan melebihi.

Hal yang sama terjadi untuk SDM kita karena lebih baik kita memiliki sedikit "tentara" yang berkualitas hebat dibanding ribuan atau puluhan ribu "tentara" yang mengalami "sakit" dalam pertumbuhan mereka. Saatnya kita fokus pada siapa saja tim kerja kita yang bisa kita kembangkan dan libatkan karena hasil kerja yang bisa dipertanggungjawabkan, fokus pada talenta-talenta yang terbatas tapi menjanjikan dibanding rombongan orang yang bekerja karena kemauan dan perasaan sendiri-sendiri karena tentunya hal itu akan menjadikan laju organisasi kita semakin berat akan kita rasakan.

Mari mulai tentukan tim kerja kita yang bertalenta hebat untuk terus kita libatkan dalam pembenahan kita melalui 2 temuan kecil kita :

1. Produktivitas Tinggi

2. Kemauan dan kemampuan atas perubahan tinggi

Serta mulai libatkan mereka dalam beberapa langkah kecil juga di antaranya :

1. Menjadi Agen Perubahan positif dalam Character dan Sikap Kerja

2. Menjadi agen inovasi kerja.

3. Menjadi Leader atas diri sendiri dan kelompok2 kecil yang sedang kita bangun

4. Aktif terlibat dalam saran pengembangan dan eksekusi.

Langkah-langkah kecil tetapi dengan pengelolaan yang tepat akan semakin memampukan tim talenta kita untuk memaksimalkan hasil yang akan dicapai.

Fokus pada kualitas SDM dengan jumlah berapapun akan memudahkan menemukan dan mencapai kualitas produk, sistem kerja dan profit yang berkualitas dan tentunya meminimalkan bahkan menghilangkan kesalahan dalam output produk yang kita hasilkan.

Dwi Saryanto Dwi Saryanto
Published 12/11/2017 10:13:58 AM
  • Sumber Daya Manusia
Add Comment

Last Activity 12/11/2017 10:14:28 AM


Author Forum

"Konsultan dan Trainer pengembangan SDM, organisasi dan kepemimpinan di beberapa lembaga yang bergerak di bidang konsultasi dan pelatihan. Beliau memiliki latar belakang pendidikan di bidang Hukum. Kompetensi yang dimiliki yaitu Desain & Pengembangan Organisasi, Analisa Jabatan & Competency Modeling, Perencanaan & Rekrutmen SDM, Sistem Manajemen Kinerja & Kompensasi, Hubungan Industrial, Struktur & Skala Upah dan lainnya. Beliau juga terlibat di banyak kegiatan training, consulting dan coaching di berbagai perusahaan ternama".

 
 

 

 

 

Dwi Saryanto

Dwi SaryantoKonsultan dan Trainer Pengembangan SDM