rss

Tips HR & Payroll Software

Lebih dari 10 tahun kami hanya fokus membuat produk payroll, banyak pengalaman yang kami dapatkan. Dari pengalaman tersebut, kami yakin dapat membantu dan memberikan solusi untuk permasalahan perhitungan penggajian di perusahaan Anda.

Bagaimana Cara Perhitungan Masa Kerja Karyawan?

Bagaimana Cara Perhitungan Masa Kerja Karyawan?

Hal kecil tetapi penting untuk perhitungan gaji dan uang pesangon karyawan.
Banyak pertanyaan yang diajukan kepada kami, tentang bagaimana cara perhitungan masa kerja karyawan yang seharusnya. Apakah dihitung saat pertamakali karyawan masuk sebagai karyawan PKWT (Perjanjian Kerja untuk Waktu Tertentu), seperti status kontrak, status percobaan atau status harian. Atau dihitung saat karyawan diangkat menjadi karyawan PKWTT (Perjanjian Kerja untuk Waktu Tidak Tetap), yakni dengan status karyawan tetap.

Karena perhitungan masa kerja dapat menentukan besar kecilnya tunjangan yang akan diperoleh seorang karyawan (jika pada perusahaan, terdapat tunjangan yang dirumuskan dengan melihat masa kerja karyawan). selain itu, perhitungan masa kerja dapat menentukan besar kecilnya uang pesangon kelak.

Lalu, bagaimana cara menghitung masa kerja karyawan menurut UU No. 13 tahun 2003 (UU Ketenagakerjaan)?

Perhitungan masa kerja karyawan adalah dihitung semenjak pertamakali terjadinya hubungan kerja antara perusahaan dan pekerja/buruh, dengan berdasarkan perjanjian kerja.
Pernyataan diatas sesuai yang diatur dalam UU No. 13 tahun 2003 Pasal 50, yang berbunyi :
“Hubungan kerja terjadi karena adanya perjanjian kerja antara pengusaha dan pekerja/buruh”

Perjanjian Kerja yang dijelaskan dalam Pasal 1 angka 14, menyebutkan :
“Perjanjian Kerja adalah perjanjian antara pekerja/buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja yang memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban para pihak”.

Dan seperti yang dijelaskan dalam Pasal 56 ayat 1, menyebutkan :
“Perjanjian Kerja dibuat untuk waktu tertentu atau waktu tidak tertentu”

Jadi, pekerja / buruh yang diangkat sebagai karyawan tetap selama masih didalam 1 perusahaan yang sama, maka perhitungan masa kerja pekerja tersebut adalah semenjak pertamakali terjadinya hubungan kerja antara pekerja dan perusahaan (yakni saat bergabung pertamakali, sebagai karyawan PKWT).

 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.