rss

Tips HR & Payroll Software

Lebih dari 10 tahun kami hanya fokus membuat produk payroll, banyak pengalaman yang kami dapatkan. Dari pengalaman tersebut, kami yakin dapat membantu dan memberikan solusi untuk permasalahan perhitungan penggajian di perusahaan Anda.

Menjadikan tim support sebagai Research Product Development

Menjadikan tim support sebagai Research Product Development

Sejak Andal Software bermain di software mass market pada tahun 1992, customer feedback mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan produk. Sebagus apapun tim pengembangan produk kalau tidak mendapatkan masukan dari pelanggan, maka pengembangan produk tersebut bisa jadi tidak mempunyai dampak manfaat yang besar bagi pelanggan.

Pada saat kami memasuki bisnis software paket enterprise di tahun 2001, fungsi produk yang kami buat tidak dapat memenuhi banyak calon pelanggan yang akan memakai software kami, akhirnya kami mulai membuat software paket enterprise semi custom. Setiap ada permintaan dari calon pelanggan, kami katakan bisa kami tambahkan, sehingga kami tidak mempunyai produk yang sama untuk setiap pelanggan.

Bagian support mengalami kesulitan untuk memberikan support pada pelanggan, karena memang sulit bagi satu perusahaan yang mempunyai banyak versi software. Terlebih pada saat terjadi perubahan peraturan pajak, dimana kami harus mengubah satu demi satu, walaupun mudah menggantinya. Kesulitan dalam memberikan support kepada pelanggan yang mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan kepada support kami.

Dari pengalaman membuat software semi custom yang mempunyai banyak masalah tersebut, maka kami beralih ke software paket enterprise pada tahun 2004 hingga sekarang. Sejak tahun 2004, semua pelanggan kami, menggunakan versi yang sama, kalaupun tidak sama, karena pelanggan tertentu belum melakukan upgrade ke versi yang lebih baru. Dari versi ke versi kami juga mempunyai catatan fungsi mana yang diperbaiki, dan fungsi apa yang merupakan fungsi baru. Mempunyai hampir 500 pelanggan dengan menggunakan versi yang sama memudahkan kami untuk memberikan support dan juga mendapatkan feedback dari pelanggan.

 

Setiap permintaan support dari pelanggan, akan kami catat datanya ke dalam suatu sistem yang bernama Andal Information Management. Permasalahan yang ditanyakan oleh pelanggan dikelompokkan sesuai dengan fungsinya dan permasalahannya, permasalahan yang paling banyak ditanyakan oleh pelanggan akan kami evaluasi secara berkala. Hasil evaluasi ini, biasanya adalah perbaikan produk atau perubahan cara memberikan pelatihan penggunaan produk.

Kami juga sering mendapatkan permintaan-permintaan untuk perubahan di dalam aplikasi kami, setiap kali ada permintaan perubahan atau penambahan dari customer tidak semuanya kami berikan. Di dalam setiap kali permintaan pasti ada tujuan dari permintaan tersebut, biasanya tim support kami akan menanyakan apa tujuan dari permintaan tersebut, kalau kami mengetahui persis tujuan permintaan tersebut kami akan memikirkan bagaimana menyelesaikan masalahnya. Karena kami percaya bahwa setiap kali ada permintaan pasti permintaan tersebut akan digunakan sebagai penyelesaian masalah tertentu. Kami banyak mendapatkan permintaan yang bagus untuk menambahkan fitur pada aplikasi kami.

Akhir-akhir ini sering sekali permintaan ditujukan untuk laporan bagian produksi, seperti bagaimana caranya menambahkan jam pada SPL setelah karyawan tersebut melakukan lembur ?, atau berapa banyak orang yang cuti pada tanggal tertentu, sehingga bagian produksi dapat mengatur ijin cuti pada karyawan yang ingin mengajukan cuti. Dari permintaan tersebut kami menambahkan banyak fitur pada Andal Linkage, yang tadinya hanya bisa dilakukan di Andal PayMaster, tetapi banyak fungsi yang dialihkan ke Andal Linkage, sehingga bagian produksi dapat memanfaatkan informasi yang sebetulnya telah tersedia.

Beberapa bulan lalu, pada saat kami menambahkan Andal Linkage dengan grafik yang dapat menampilkan antara keterlambatan, lembur dan jam kerja, ada pelanggan kami, yang sangat terkejut melihat datanya, dimana jumlah yang terlambat cukup besar, tetapi yang lembur juga cukup banyak.

Sebenarnya tidak perlu ada lembur bila karyawan datang tepat waktu. Hal ini menyebabkan perusahaan membayar karyawan jauh lebih besar karena adanya lembur. Setelah melihat hasil grafik yang disajikan oleh Andal Linkage, perusahaan tersebut mengubah kebijakan. Tentunya pelanggan kami tersebut dapat meningkatkan efisiensi produksi, dan menurunkan biaya produksinya.

Departemen Support di Andal Software menjadi departemen yang cukup strategis dalam pengembangan produk, banyak masukan masukan dari departemen support untuk pengembangan produk, dan fitur yang baru tersebut ternyata banyak sekali manfaatnya untuk pelanggan kami dalam mengelola perusahaannya.

 

 

 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.