rss

Tips HR & Payroll Software

Lebih dari 10 tahun kami hanya fokus membuat produk payroll, banyak pengalaman yang kami dapatkan. Dari pengalaman tersebut, kami yakin dapat membantu dan memberikan solusi untuk permasalahan perhitungan penggajian di perusahaan Anda.

Kenapa Kami Harus Menolak Pembeli?

Kenapa Kami Harus Menolak Pembeli?

Setelah lebih dari 25 tahun kami berkecimpung di dunia software, dan lebih dari 10 tahun kami hanya membuat produk payroll, hampir semua pelanggan dan mungkin semua pelanggan menginginkan pada saat membeli software, maka software tersebut dapat segera digunakan di perusahaannya. Dengan harapan setelah menggunakan software, akan menurunkan biaya operasional perusahaan.


Apa sebabnya proyek software banyak yang tidak selesai tepat waktu?
Pada saat kami mulai mengerjakan paket software payroll di tahun 2001, setiap kali mendapatkan pelanggan kami harus selalu menyesuaikan aplikasi yang kami buat, karena aplikasi kami tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Ternyata proyek yang dikerjakan hampir selalu mundur dari waktu yang telah disepakati dengan pelanggan, persoalannya sepele, persepsi mengenai pengelolaan payroll tidak sama.

Kami selalu berusaha untuk memperbaiki salah persepsi, dengan meningkatkan pengetahuan dibidang payroll. Tetapi tetap saja masih sering terjadi kesalahpahaman, dan kesalahpahaman ini baru diketahui pada saat produk sudah selesai. Semakin banyak proyek yang kami terima, semakin lama waktu penyelesaian, hal ini terjadi juga karena kapasitas programmer untuk menyelesaikan suatu proyek tidak dapat ditingkatkan dalam waktu singkat. Harus menambah programmer dan programmer baru tidak mengerti bisnis proses Payroll.


Bagaimana cara mengatasi keterlambatan penyelesaian proyek ?
Akhirnya kami menyadari bahwa, sebaik apapun kita belajar untuk mengerti proses payroll, kalau dikerjakan dengan cara mengubah program agar dapat sesuai dengan kebutuhan pelanggan tidak akan menyelesaikan masalah keterlambatan.

Pada tahun 2004, kami membuat paket software payroll yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan bukan dari mengubah program, tetapi dengan membuat parameter yang dapat disetting. Tentunya diperlukan waktu yang lama untuk membuat designnya. Software payroll dengan design baru dapat diselesaikan pada tahun 2008, dan produknya diberi nama Andal PayMaster 2009. Andal PayMaster 2009 ini terus dikembangkan hingga sekarang sudah mengalami lebih dari lima kali perubahan besar.



Apakah Kekurangan dari Software Paket?
Kami menyadari bahwa kekurangan dari software paket ini adalah tidak semua pelanggan dapat menggunakan aplikasi ini. Pada saat kami akan menjual software, kami akan melakukan analisa bisnis proses penggajian calon pelanggan. Bila software aplikasi kami dapat digunakan di calon pelanggan tersebut kami baru mau menjualnya.

Dengan kata lain, dalam menjual kami memilih pelanggan, karena tidak semua perusahaan dapat menggunakan aplikasi kami. Dampak positifnya adalah jumlah support relatif kecil, setiap penjualan pasti dapat diimplementasikan dengan tepat waktu, bahkan bisa lebih cepat. Kalaupun terjadi keterlambatan implementasi biasanya terjadi karena faktor dari calon pelanggan, seperti kesiapan data, aturan yang perlu diubah agar lebih sistematis lagi, dan banyak permasalahan yang kami temui.

Apakah kelebihan dari Software Paket?
Sekarang ini kami tidak dikejar dengan waktu penyerahan, sehingga pengembangan produk dapat lebih baik. Kami mempunyai departemen Product Development, yang akan selalu mengembangkan produk yang berasal dari pelanggan.

Andal Software mempunyai alur proses bisnis seperti diatas.


Sesuai visi kami “To Make The Work Easier”.
Kami ingin setiap pelanggan merasakan kemudahan dalam mengelola proses penggajian, merasa terbantu dan mendapatkan nilai tambah dengan menggunakan aplikasi kami.
Berdasarkan dari keinginan itu, kami akan menggali semua kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh calon pelanggan. Dan untuk menjaga kepercayaan calon pelanggan, kami akan lakukan 3 tahapan sebelum terjadinya pembelian, seperti :
  1. tahap “Konsultasi Kebutuhan”
  2. tahap “Presentasi Produk”, dan
  3. tahap “Survey Bisnis Proses”.

Dengan melalui tahapan di atas, kami dapat mengetahui dan dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi calon pelanggan, sehingga kami dapat menentukan aplikasi apa saja yang tepat untuk pelanggan kami.
Alur dibawah merupakan tahapan pembelian hingga aplikasi dapat digunakan oleh pelanggan.


 

 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.