rss

Tips HR & Payroll Software

Lebih dari 10 tahun kami hanya fokus membuat produk payroll, banyak pengalaman yang kami dapatkan. Dari pengalaman tersebut, kami yakin dapat membantu dan memberikan solusi untuk permasalahan perhitungan penggajian di perusahaan Anda.

6 Macam Pekerjaan Yang Sedang Digantikan oleh Mesin

6 Macam Pekerjaan Yang Sedang Digantikan oleh Mesin

Mesin sudah mulai bersaing dengan manusia sejak jaman Revolusi Industri Pertama, pada saat ditemukan mesin uap. Banyak pengusaha tekstil di Inggris yang masih menggunakan tenaga manusia untuk menenun, dengan adanya mesin uap, maka beberapa pabrik tekstil mulai mengganti tenaga manusia dengan tenaga mesin uap. Pergantian tenaga manusia dengan mesin uap, akan menghasilkan produk yang lebih banyak dalam waktu yang sama, dan biaya jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.

Sehingga pada saat itu terjadi banyak pengangguran karena pekerjaan yang paling besar menyerap tenaga manusia adalah pabrik tekstil. Sempat terjadi pemberontakan dimana pabrik yang menggunakan mesin uap banyak yang dirusak oleh buruh yang tidak mendapatkan pekerjaan. Tetapi akhirnya manusia harus mengalah, karena memang tidak dapat bersaing dengan mesin, yang dapat bekerja lebih lama dan lebih cepat dibandingkan dengan manusia.

Revolusi Industri Kedua ditemukannya tenaga listrik dan motor listrik juga mengurangi banyak pekerjaan, terutama di pabrik perakitan mobil, dengan menggunakan ban berjalan, maka membuat mobil jauh lebih cepat dan lebih murah, harga mobil Ford dijual seharga $ 850,- sedangkan mobil lainnya dijual dengan harga $ 2,500. Perbedaan harga yang sangat besar, tidak heran dalam waktu singkat mobil Ford dapat menguasai pasar mobil di Amerika maupun di negara lain.

Setiap terjadi revolusi industri akan terjadi kehilangan pekerjaan tertentu yang akan digantikan oleh teknologi, dan akan timbul pekerjaan pekerjaan baru. Pada saat ditemukan listrik di era Industri kedua, maka diperlukan banyak ahli kelistrikan yang dapat memperbaiki dinamo, memasang kabel listrik, mengatur beban listrik. Sampai ada sekolah untuk menjadi Sarjana Listrik (Sarjana Teknik Elektro arus kuat).

Jenis Pekerjaan Yang Sudah Digantikan Oleh Mesin.
Pertanyaannya adalah pekerjaan seperti apa yang dapat digantikan oleh mesin?
Pekerjaan yang mempunyai pola tertentu, akan dapat digantikan dengan mesin, sekarang ini sudah banyak pekerjaan yang sudah tidak ada lagi, padahal pada waktu saya kecil, pekerjaan-pekerjaan ini menyerap banyak tenaga kerja.

Operator Telepon
Pada saat saya kecil kalau mau telepon, saya harus memutar telepon ke kantor telepon, kemudian operator di sentral telpon akan bertanya mau disambungkan ke nomor telepon berapa, setelah disebutkan nomornya, maka akan disambungkan ke nomor yang diminta. Barulah kita dapat berbicara, kalau mau telepon malam, mungkin operator tersebut tertidur, maka kita harus memutar telepon tersebut keras dan lama.

Saya tidak bisa membayangkan kalau seandainya telepon masih seperti itu, bagaimana di Jakarta yang mempunyai sambungan telepon jutaan, tentunya sangat tidak mungkin menggunakan operator lagi.

Pengatur Lalu Lintas
Saya masih mengalami polisi yang berdiri naik ke kotak yang agak tinggi untuk mengatur lalu lintas, kapan harus jalan dan kapan harus berhenti. Kemudian diganti dengan lampu lalu lintas, dan ada pos polisi, disitu ada saklar, yang secara manual mengganti nyala lampu, hijau, kuning dan merah. Saya juga tidak dapat membayangkan di dalam simpang lima yang jaraknya jauh kalau masih menggunakan sistem pencet, bagaimana polisi dapat melihat situasi jalanan di seberang. Dengan menggunakan timer seperti sekarang ini, maka yang perlu disurvey adalah pola lalu lintas di daerah tersebut untuk menentukan kepadatan lalu lintas pada jam tertentu. Dari data tersebut, maka dapat diatur lamanya lampu berganti dari hijau ke merah, dan dari merah ke hijau.

Tentunya masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan yang sekarang terasa aneh, dimana anak remaja sekarang sudah tidak mengenal lagi pekerjaan tersebut.

Memasuki Era Industri 4.0
Di era Industri 4.0 artinya Revolusi Industri Keempat yang dimulai dari Jerman, akan banyak lagi pekerjaan yang digantikan oleh mesin, semakin mahal biaya UMR, para pengusaha semakin berani untuk menggantikan mesin mesin mereka yang manual menjadi fully automatic, sehingga hanya memerlukan sedikit orang dan tentunya biaya produknya akan turun secara drastis, dan dapat bekerja 24 jam nonstop tanpa mengeluh.

Sekarang ini banyak pekerjaan yang sudah digantikan oleh mesin, tetapi masih dalam taraf transisi, artinya sebagian dikerjakan oleh manusia dan sebagian lagi oleh mesin, saya yakin pada suatu saat nanti akan digantikan semuanya oleh mesin.

  1. Penjaga Pembayaran Tol

    Sekarang penjaga pintu tol sudah mulai digantikan dengan elektronik, ada yang harus menempelkan kartu, dan dibeberapa gerbang tol sudah menggunakan sensor automatic, sehingga pengendara tidak perlu lagi menempelkan kartunya, tinggal lewat saja, maka pintu akan membuka sendiri.  Dan semakin lama akan semakin banyak pintu tol tanpa penjaga ini, kalau pengendara mobil harus mengantri panjang dengan menggunakan uang tunai, itu merupakan hukuman bagi pengendara, jadi kalau mau enak harus menggunakan kartu. Sekarang sudah mulai banyak kendaraan yang memiliki kartu tol ini.

  2. Penjaga Pintu Tol

    Sekarang ini pada saat mau masuk ke lapangan parkir tidak ada yang jaga, tetapi digantikan oleh mesin, tinggal pencet maka tiketnya keluar, kalau langganan maka tinggal menempelkan kartu langganannya, kemudian pintu akan terbuka.

    Pada saat membayar baru dijaga oleh kasir, yang memeriksa kendaraan dan menerima pembayaran, sekarang pembayarannyapun menggunakan kartu. Saya melihat di satu mall di Jakarta barat, bahkan keluarpun tidak dijaga oleh kasir, pengendara mobil harus mampir ke payment station, disitu kita bayar, kemudian pada saat keluar tinggal memasukan tiket bukti pembayaran, maka pintu akan membuka.

    Tidak menutup kemungkinan pada saat keluar kita masukan tiket, kemudian mesin akan memeriksa no kendaraan yang telah di foto pada saat masuk dicocokan dengan kendaraan pada saat keluar, ditampilkan jumlah yang harus dibayar, kemudian tempelkan kartu dari bank, dan saldo dikartu dipotong kemudian pintu akan terbuka.

    Dengan teknologi semacam ini, maka orang hanya diperlukan pada saat mesin tidak bekerja semestinya, artinya si penjaga harus mengerti elektronik, dan si penjaga tidak punya pekerjaan lagi. Padahal di Jakarta sekarang ini masih banyak penjaga parkir yang bekerja. Berapa banyak calon pengangguran yang akan terjadi kalau mereka tidak mau belajar skill yang lainnya.

  3. Teller Bank

    Pada saat akan mengambil uang atau menyetorkan uang dalam jumlah yang relatif kecil, dapat dilakukan dengan menggunakan mesin ATM, bahkan sekarang mesin penyetor uang juga dapat digunakan untuk mengambil uang.

    Dengan fungsi ganda, mungkin ATM tersebut tidak perlu ditambahkan uang atau diambil uangnya, dia akan melakukan transaksi sendiri. Jumlah ATM yang harus diambil atau ditambah uangnya menjadi berkurang, artinya selain Teller Bank, maka orang yang pekerjaannya mengisi atau mengambil uang dari ATM akan berkurang.

  4. Data Entry Operator

    Pada masa komputer masih besar, ada alat khusus yang digunakan untuk memasukan data, dan karena datanya harus di konversi ke dalam bentuk punch card (kartu berlubang), maka diperlukan tukang ketik untuk mengetik data ke punch card. Pada saat PC sudah dijadikan alat untuk mengolah data di perusahaan, data entry operator masih diperlukan tetapi mereka memasukan data langsung ke komputer. Pekerjaan mereka hanya memasukan data saja ke dalam komputer, bisa data transaksi accounting yang digunakan untuk membuat laporan keuangan, atau aplikasi lainnya.

    Sebenarnya untuk accounting tidak diperlukan lagi bagian data entry kalau setiap sumber transaksi dimasukan oleh orang yang berkepentingan, contoh pemegang buku bank akan memasukan ke komputer keluarnya cek, dan disesuaikan dengan keperluan cek tersebut. Sehingga operator khusus untuk memasukan data tidak diperlukan lagi.

  5. Montir Mobil

    Sekarang ini mobil listrik sudah mulai dipasarkan di Amerika yang namanya Tesla, mobil tersebut laku keras, kalau seandainya semua mobil telah menggunakan listrik, dimana peralatannya tentunya lebih sederhana, maka montir mobil yang pekerjaannya melakukan tune up mesin sudah tidak diperlukan lagi, tetapi kapan saya masih belum tahu, apakah 5 tahun atau 10 tahun lagi ? yang pasti pertumbuhan mobil listrik akan meningkat pesat, mengingat biaya yang jauh lebih murah dan pengisian listriknya juga mudah sekali, dibandingkan dengan bahan bakar cair, harus diangkut dari pengilangan minyak ke penampungan kemudian baru di distribusi ke stasiun pengisian bahan bakar, tentunya biaya-nya mahal sekali dibandingkan dengan distribusi listrik, yang hanya menggunkaan kabel listrik saja.

  6. Supir Mobil

    Google sedang mengembangkan mobil tanpa supir dan sudah mulai diuji coba di daerah California, Amerika. Seandainya teknologinya sudah bagus, maka akan dipasarkan secara umum. Google telah membuat experiment di seluruh dunia dengan meluncurkan aplikasi Waze, penuntun perjalanan yang menurut saya sekarang ini sudah 80% tepat, saya lebih suka menggunakan waze untuk menentukan mana jalan yang terbaik. Kadang waze memberikan jalan yang kurang baik juga, tetapi persentasinya masih sekitar 20%. Jadi saya masih menggunakan instink saya untuk kepadatan lalu lintas hanya 20% saja. Selebihnya diserahkan ke google.

    Untuk memindahkan Waze menjadi supir mobil elektronik, akan jauh lebih mudah, karena dengan Waze dia sudah tahu jalan mana yang akan dilalui. Tinggal menambahkan beberapa sensor yang lainnya di mobil agar tidak terjadi tabrakan. Dan menurut saya lebih aman menggunakan driverless car, karena faktor kecelakaan biasanya terletak pada kecerobohan manusia.

    Saya tidak tahu persis kapan mobil tanpa pengemudi ini akan masuk ke Indonesia, di Amerika saja masih jarang ditemui.

Bagaimana Andal Software Menyiasatinya
Tidak menutup kemungkinan pengguna software nantinya juga sudah tidak ada lagi operator, sekarang ini aplikasi payroll yang dibuat oleh Andal Software juga masih memerlukan operator yang bertugas untuk memasukan data-data dari produksi seperti Surat Perintah Lembur, Pergantian Shift. Pemasukan data oleh operator ini yang menyebabkan keterlambatan perhitungan gaji, sehingga karyawan bagian payroll sering lembur untuk menghitung gaji.

Dari pengamatan ini, Andal Software membuat terobosan dimana data entry dilakukan oleh bagian yang menimbulkan data tersebut, seperti bagian produksi, mereka yang membuat jadwal shift karyawan, maka bagian produksi dapat membuat shiftnya di produk Andal Software, demikian juga untuk Surat Perintah Lembur, dan Cuti serta Ijin. Maka bagian payroll tugasnya hanya memasukan data lainnya saja, yang transaksinya sedikit sekali. Semester satu tahun depan kami sudah selesai untuk memindahkan pemasukan data ke bagian yang membuat data.

Perubahan flow ini diharapkan pekerjaan menghitung payroll tidak lembur lagi. Kemudian bagian payroll yang pekerjaannya data entrynya berkurang, dan dapatkan diberikan pekerjaan untuk menganalisis data yang dapat dikeluarkan dari Produk Andal Software.

 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.