Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh

Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh

Waktu saya masih di sekolah dasar, diajarkan peribahasa, dan banyak sekali peribahasa yang harus saya hafalkan. Sampai sekarang beberapa peribahasa masih saya ingat, di jaman dahulu malah ada buku yang berisi hanya peribahasa. Peribahasa masuk kedalam pelajaran bahasa Indonesia, tetapi kalau saya flashback, sebenarnya peribahasa mengajarkan perilaku manusia. Salah satu yang saya ingin bahas disini adalah peribahasa “Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh”, dan saya ingat sekali guru saya pada saat SD membawa Sapu Lidi untuk diperagakan, pada saat Pak Guru memegang satu lidi, maka akan dengan mudah memutus lidi tersebut, bila sudah dalam bentuk sapu yang terdiri dari banyak lidi, maka sangat sulit untuk mematahkannya.
Mencari Tujuan Hidup

Mencari Tujuan Hidup

Sering sekali saya mendengar teman saya bercerita bahwa bila manusia sudah di takdirkan untuk menjadi apa didalam hidup ini, tetapi kalau memang kita percaya dengan takdir, maka kita akan mencapai sesuai dengan takdir kita. Awalnya memang saya tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut, sangat sulit dan komplek untuk dijawab. Karena memang saya tidak bisa percaya dengan takdir dalam kehidupan, dalam hidup ini yang tidak bisa memilih hanya dua kejadian, pada saat kita lahir, artinya kita tidak bisa meminta lahir dari keluarga seperti apa, dan lahir dimana, semuanya sudah ditakdirkan. Kemudian pada saat kita meninggal, kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan meninggal, dan bagaimana nanti kita meninggal. Jadi saya percaya bahwa ke dua hal tersebut adalah takdir yang sudah tidak dapat diubah.
Apa Hubungan Pertumbuhan dan Turnover Karyawan

Apa Hubungan Pertumbuhan dan Turnover Karyawan

Beberapa puluh tahun yang lalu, saya suka berkebun, dan sedikit banyak saya mengerti tentang tanaman. Saya mulai menanam mangga dari hasil cangkokan, dan hasil cangkokan ini memerlukan waktu 3 – 5 tahun untuk dapat berbuah. Sebelum pohon mangganya besar, biasanya jarak antara pohon mangga yang sangat lebar dapat ditanam di tanaman yang umurnya pendek, seperti jagung, singkong, kacang tanah. Karena pada saat pohon yang besar menghasilkan buah, kebon tersebut dapat menghasilkan untuk pemeliharaan pohon mangga.
Ajining Diri Dumunung Ana Ing Lathi

Ajining Diri Dumunung Ana Ing Lathi

Saya mengambil judul dari bahasa jawa, saya lahir dan besar di jawa, persisnya desa Slawi, yang sekarang sudah jadi kota kabupaten. Pada saat saya SD, banyak sekali pelajaran-pelajaran budhi pekerti yang membahas kata-kata bahasa jawa. Kalau kita perhatikan bahasa jawa mempunyai beberapa tingkatan, yang paling kasar adalah ngoko, yang digunakan sesama teman. Kromo adalah bahasa jawa halus yang biasanya digunakan ke orang yang lebih tua, jadi kalau orang yang diajak bicara lebih tua biasanya menggunakan Kromo, dan yang tua bisa menjawab dengan ngoko. Dan yang paling tinggi disebut Kromo Inggil, bahasa ini dipakai pada orang-orang yang dianggap penting seperti Raja di jaman dulu, mungkin ke Pak Camat?
Untuk Apa Kita Hidup?

Untuk Apa Kita Hidup?

Pertanyaan ini sering sekali terdengar di telinga saya, apalagi kalau orang tersebut sedang mengalami kesulitan. Sebenarnya dalam keadaan kesulitan atau tidak, pertanyaan tersebut menjadi relevan, kalau kita mau mengkaji lebih dalam lagi. Seseorang yang hidup dengan harta berlimpah mungkin tidak mengalami kesulitan, kemudian setelah dia nanti meninggal, hartanya untuk siapa? Jadi pertanyaannya akan menjadi, untuk apa kita hidup, kalau kita sudah berhasil mengumpulkan kekayaan, ketenaran dan kekuasaan, semuanya akan ditinggalkan pada saat kita meninggal nanti.
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

No data to display