rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Biaya Kehilangan Orang Terbaik

Biaya Kehilangan Orang Terbaik

Saya sering ditanya oleh teman-teman yang mempunyai usaha TI juga, bagaimana dengan turnover karyawan di Andal Software ?. Saya jawab kecil sekali. Kemudian dia mulai mengeluh bahwa sering terjadi orang yang dia didik dengan baik kemudian keluar, pertanyaannya berapa biaya yang telah dikeluarkan untuk mendidik orang tersebut. Kemudian dia mengatakan bahwa di perusahaan dia, kalau ada karyawan baru harus kontrak minimal 2 tahun, dan kalau tidak memenuhi kontraknya si karyawan disuruh membayar sebesar gaji sisa kontrak, dan dia menahan ijasah agar karyawan tersebut tidak bisa pergi begitu saja.

Sambil tertawa saya berkata sama teman saya ini, kalau gua ngelamar pekerjaan kemudian dikontrak dengan jaminan, sedangkan gua tidak mendapatkan training maupun pendidikan yang mana perusahaan harus membayar gua, gua ogah.

Kemudian saya lanjutkan perkataan saya, kayanya orang yang mau melamar di tempat seperti loe itu yang susah cari kerjaan. Jadi dia terpaksa menerima tawarannya. Saya tidak mau mencari orang yang terpaksa karena tidak ada perusahaan lain yang mau menerima. Seandainya orang tersebut tidak menunjukkan hasil pekerjaan yang bagus, apakah akan saya pertahankan di perusahaan ? kalau saya, akan saya selesaikan sebelum masa percobaan selesai.

Pada saat ngobrol tersebut, saya teringat buku yang saya baca judulnya, Delivering Happiness yang ditulis oleh Tony Shieh, dia seorang Amerika keturunan Taiwan. Tony membuka usaha toko sepatu online yang bernama Zappos, dan sekarang sudah dibeli oleh Amazon. Tony mengatakan pada saat calon karyawan telah selesai training, dan terpilih, Zappos menawarkan uang sebesar $ 5,000.- pada calon karyawan tersebut dan tidak usah bekerja di Zappos, atau tidak menerima uang tetapi bekerja di Zappos.

Buat saya cara berpikir Tony Shieh tidak masuk akal, bukankah pada saat melakukan recruitment, training, dan pemilihan karyawan tidak mengeluarkan biaya ? apalagi kalau ditawarkan uang $ 5,000 kemudian karyawan tersebut keluar. Berarti dia akan mengalami kerugian dua kali.

Setelah selesai membaca buku tersebut, dan saya renungkan kembali, ternyata dia benar. Daripada mempunyai orang yang terpilih setelah test kemudian pada saat bekerja ditawarkan pekerjaan yang gajinya lebih tinggi oleh perusahaan lain lalu orang tersebut keluar, lebih baik ditawarkan untuk keluar sekarang, dan orang yang tertinggal adalah orang yang memang sesuai dengan culture perusahaan tersebut.

Setelah membaca buku tersebut, paradigma saya berubah total tentang mempertahankan karyawan. Saya tidak pernah lagi mempertahankan karyawan, yang memang mau keluar silahkan saja keluar, sebaik apapun orang tersebut, sehebat apapun orang tersebut, saya tidak merasa kehilangan. Kalau belajar dari teorinya Tony Shieh, saya berterima kasih bila ada perusahaan yang mencoba menarik team saya, kemudian team saya mau pindah. Artinya saya tidak harus mengeluarkan uang sebesar $ 5,000.- seperti yang dilakukan oleh Tony Shieh.
Apa yang terjadi setelah saya mengalami pengurangan jumlah team, tentunya saya akan mencari yang baru. Karena saya sudah mempunyai pengalaman untuk mendidik orang yang keluar, maka saya akan lebih tahu bagaimana mencari penggantinya. Dan biasanya saya akan mendapatkan pengganti yang lebih baik. Hal ini sudah terjadi berulang-ulang, sehingga pada saat terjadi perpindahan team saya ke perusahaan lain, merupakan kesempatan untukAndal Software mendapatkan orang yang lebih baik lagi.

Pelajaran yang saya dapatkan
Kesimpulannya berapakah biaya kehilangan orang terbaik ? menurut saya nilainya nol, bahkan mungkin bisa minus. Karena kalau mengikuti cara berpikir Tony Shieh, saya tidak harus mengeluarkan uang sebesar $ 5,000.-.

Yang saya pelajari sebenarnya adalah pada saat salah satu team itu keluar, Team Andal Software sudah tahu bagaimana caranya mencetak orang seperti dia. Dan semakin sering team Andal Software dapat mencetak orang yang baik, maka keterampilan untuk mencetak orang yang baik semakin terasah. Salah satu kunci keberhasilan perusahaan adalah bagaimana perusahaan itu dapat mencetak manusia-manusia yang produktif.

 


penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

19 Dec 2019 | 919
16 Jan 2020 | 839
06 Dec 2019 | 772