rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Perbedaan antara Orang Rata-Rata dengan Orang Hebat Dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Perbedaan antara Orang Rata-Rata dengan Orang Hebat Dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Saya sering mendengar dari teman saya, katanya saya kalau punya karyawan asal dia dapat bekerja membereskan pekerjaan yang diperintahkan, menurutku itu sudah cukup baik. Setiap kali saya mendengarkan pernyataan ini, saya hanya tersenyum saja karena kalau saya katakan tidak setuju maka akan terjadi perdebatan yang panjang, dan saya tidak akan belajar apa-apa dari perdebatan tersebut sehingga saya lebih baik menyetujui pendapatnya. Saya memang selalu setuju dengan pendapat orang karena mereka pasti akan mempertahankan pendapat mereka.

Sebetulnya bukan masalah setuju atau tidak tetapi saya mempunyai cara yang berbeda. Bila seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, itu satu prestasi yang baik menurut saya. Tetapi saya selalu tertarik dengan bagaimana dia menyelesaikan pekerjaan tersebut. Bagi saya yang lebih penting lagi adalah bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Pertanyaannya adalah mengapa cara menyelesaikan menjadi penting?

Suatu hasil pekerjaan yang baik pasti didapat dari cara menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik. Setiap pekerjaan yang dikerjaan pasti ada urutan pekerjaan yang harus dilakukan. Dan perbaikan hasil pekerjaan dapat dilakukan dengan memperbaiki proses untuk menyelesaikan pekerjaan. Setiap tahapan proses dapat selalu dilakukan perbaikan, dan hasilnya akan jauh lebih baik.

Kami di Andal Software sudah mempraktekkan hal ini cukup lama, sehingga setiap pekerjaan pasti ada workflow-nya yang jelas, dan setiap meeting review pekerjaan selalu dilihat prosesnya. Bila dilihat hasilnya kurang memadai, atau prosesnya terlalu lama, maka kami mulai mencari cara lain untuk memperbaiki hasil atau mempercepat proses.

Beberapa waktu yang lalu kami mulai membagikan tool excel yang sering digunakan bagian payroll. Dan kami akan memberikan pada orang yang memang benar membutuhkan tool tersebut, maka yang kami lakukan adalah dengan memasang di LinkedIn, dan yang berminat dapat memberikan alamat email di dalam comment. Awalnya kami melakukannya dengan mengcopy email yang meminta, dan dikumpulkan di excel. Karena semakin lama, semakin banyak yang meminta, maka pekerjaannya dilakukan oleh satu orang khusus untuk menjawab email tersebut.

Karena sudah terbiasa dengan mengamati proses, maka tim Multimedia mencari cara lain yang lebih mudah, dan akhirnya ditemukan cara yang paling mudah. Dari awalnya yang perlu waktu seharian untuk mendapatkan email, sekarang hanya memerlukan beberapa menit saja. Penghematan waktu yang cukup banyak artinya menghemat biaya untuk mengerjakannya.

Cara ini juga digunakan untuk mengembangkan produk Andal Software, produk kami selalu berkembang, dengan jumlah customer yang semakin banyak, maka feedback dari customer semakin banyak, dan artinya produk akan semakin baik. Pada saat mencari masukan dari customer, kami tidak menanyakan apa yang dibutuhkan oleh customer tetapi kami melihat pertanyaan apa yang sering ditanyakan oleh customer. Kalau pertanyaan yang sama banyak ditanyakan oleh customer, maka kami fokus pada pertanyaan tersebut. Kenapa banyak customer yang bertanya dengan pertanyaan tersebut?
Dari hasil analisa, dapat untuk memperbaiki produk Andal Software. Dan setelah diperbaiki jumlah yang bertanya untuk pertanyaan tersebut akan jauh menurun.

Pelajaran yang didapatkan
Dalam mengerjakan pekerjaan kalau hanya dilihat hasilnya, maka bisa terjadi hasilnya tidak tentu, kadang bisa baik, kadang tidak. Hal ini terjadi karena cara mengerjakannya bisa berbeda-beda. Tetapi kalau dibuat suatu alur proses yang pasti maka sudah dipastikan hasilnya akan sama. Dan perbaikan hasil pekerjaan dapat dilakukan dengan memperbaiki prosesnya.

Dalam melakukan sales pun, Andal Softaware mempunyai alur proses yang sudah tertentu, dan alur ini setiap saat diperbaiki. Hasilnya memang sungguh luar biasa, kami dapat memprediksi hasil penjualan semakin baik.

 


penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

19 Dec 2019 | 920
16 Jan 2020 | 840
06 Dec 2019 | 772