rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Membangun Kesuksesan

Membangun Kesuksesan

Pada saat saya mulai menyadari bahwa untuk membangun perusahaan harus dimulai dengan membangun manusianya, lebih dari sepuluh tahun yang lalu, saya belum banyak mengetahui bagaimana caranya mengembangkan orang, dan dari beberapa buku yang saya baca, yang harus bertumbuh adalah saya. Karena tidak mungkin orang akan mengikuti saya kalau cara saya berpikir masih lebih rendah dari orang yang saya anggap bagus.

Beberapa sikap yang kurang baik harus saya hilangkan, diantaranya saya suka marah dan kesal dengan orang kalau ada orang yang dikasih tahu tidak mau mengerti. Dari sikap saya di atas, sebenarnya saya menghendaki orang akan mengikuti apa yang saya katakan, dan kedua saya tidak sabar dalam membantu orang lain bertumbuh. Orang lain tidak akan mengerjakan apa yang saya katakan, kemungkinan bisa terjadi dia tidak mengerti apa yang saya maksud, mengapa tidak mengerti apa yang saya maksud, mungkin saya sendiri tidak jelas apa yang saya mau.

Sekarang saya bisa mengerti kalau ada orang yang tidak setuju dengan apa yang saya katakan, dan kalau ada yang tidak setuju biasanya saya akan bertanya, apa yang baik menurut dia. Dari jawaban-jawaban yang ada saya masih bisa terus menggali apa yang dia pikirkan sehingga dia mempunyai pendapat seperti itu. Dengan mengetahui latar belakang cara berpikir seseorang, maka saya akan dapat mengerti apa yang dia pikirkan dan utarakan. Kadang saya juga belajar dari cara berpikir mereka, walaupun di kantor jabatannya cuma staff, tetapi bisa juga memberikan cara berpikir yang lebih baik dari saya.

Apakah dalam membangun manusia di Andal Software tidak mengalami banyak tantangan ? Banyak sekali tantangan yang saya hadapi, dan saya menganggap tantangan ini baik untuk meningkatkan kemampuan saya. Tanpa ada tantangan kita tidak akan dapat berlatih untuk menggunakan cara yang belum pernah terpikirkan.

Pada suatu saat saya mendapatkan seseorang yang mengatakan pada saya, bahwa kalau dia salah tegur saja. Saya pikir orang semacam ini baik, karena sangat terbuka dengan teguran. Setelah mendengarkan pernyataannya, saya sangat berharap sekali bahwa ini akan menjadi orang yang mudah untuk dikembangkan. Dan ternyata pada saat saya berikan sedikit evaluasi tentang sikapnya yang kurang baik, dia mulai membela diri dan terlihat tidak terlalu suka. Saya sangat tidak siap dengan reaksi yang diberikan, karena harapan saya berbeda dengan kenyataan. Pada saat dia membela diri saya dengarkan saja cara dia membela diri, dan saya tidak pernah lagi mengungkapkan permasalahannya.

Kebetulan saya membaca buku pada saat itu yang mengatakan “Hati-hatilah bila ada orang yang mengatakan bahwa tegur saya saja kalau memang saya salah”, di buku tersebut dikatakan sebaiknya jangan mencoba melakukan teguran, karena orang yang mengatakan demikian biasanya mempunyai rasa rendah diri, tidak percaya pada dirinya sendiri, dan orang yang seperti itu akan menimbulkan banyak masalah kata Les Giblin di dalam bukunya yang berjudul “Cara memiliki keyakinan dan kekuasaan dalam berurusan dengan orang lain”.

Pelajaran yang saya dapatkan

Dalam mengembangkan manusia, banyak hal yang perlu diperbaiki dari dalam diri kita sendiri. Karena kita tidak mungkin mengembangkan orang tanpa kitanya berkembang. Untuk dapat mengembangkan orang lain, kita perlu mempunyai kesabaran yang tinggi, semakin sabar, semakin tinggi kemampuan kita dalam mengembangkan orang.

Untuk dapat melatih kesabaran, kita harus dapat menurunkan ego, seseorang dengan ego yang tinggi akan mudah tersinggung. Teman saya mengatakan pada saya bahwa orang yang mudah tersinggung biasanya mempunyai banyak kekurangannya, dan untuk menutupi kekurangannya tersebut maka egonya yang ditinggikan.

 


penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

19 Dec 2019 | 919
16 Jan 2020 | 838
06 Dec 2019 | 772