rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Pemikiran Negatif Yang Menghambat Kemakmuran

Pemikiran Negatif Yang Menghambat Kemakmuran

Sering saya mendengarkan teman-teman yang bekerja, mengatakan “Ya saya bekerja pokoknya setiap bulan saya terima gaji, dan karena gajinya gak seberapa ya saya kerja apa yang diperintahkan saja”. Di satu sisi memang mungkin ada benarnya, kalau perusahaan memberikan gaji kecil ya saya akan memberikan yang kecil saja. Jadi sesuai dengan berapa yang akan saya dapatkan.

Sekilas pernyataan tersebut memang benar, aku akan memberikan sesuatu jasa, atas dasar berapa upah yang akan aku terima. Setelah saya banyak berbincang dengan kawan-kawan yang sukses, serta membaca buku kisah orang-orang yang sukses. Pada saat mereka mulai bekerja mereka tidak melihat berapa upah yang akan diterima, tetapi mereka akan bekerja keras sehingga mereka akan mendapatkan pengetahuan dan skill yang akan diperlukan nanti pada saat mereka sudah mempunyai pengalaman serta skill yang cukup. Maka skill itu dapat digunakan untuk memulai usaha sendiri. Seandainya tidak mempunyai tujuan untuk mempunyai usaha sendiri, tetapi kalau pada saat bekerja, maka dia akan mendapatkan skill yang bagus. Sehingga pada saat pindah ke tempat kerja yang baru skillnya mempunyai nilai jual yang tinggi.

Beberapa tahun yang lalu di tempat saya banyak juga orang-orang yang berpikir seperti itu, sehingga kalau mereka bekerja harus selalu dimonitor, kalau tidak mereka akan bermain. Tetapi apa yang terjadi setelah lebih dari tiga tahun bekerja, mereka tidak akan mendapatkan skill. Mereka akan susah pada saat mencari pekerjaan, dan bila dapat pekerjaan, karena harapan pemberi kerja atas keterampilannya tidak memadai maka tidak lama kemudian juga akan keluar.

Sebaliknya saya pernah mempunyai seorang karyawan yang sangat rajin, bila diberi tugas akan diselesaikan dengan baik, dan dia selalu mencari cara untuk bekerja yang lebih baik lagi. Kemampuan untuk berhubungan dengan orang juga bagus. Setelah tiga tahun bekerja dia mengundurkan diri karena diterima di perusahaan lain dengan gaji jauh lebih besar. Sekarang ini karir dia cukup bagus, dan tentunya ekonomi keluarganya juga menjadi bagus.

Pelajaran yang saya dapatkan

Dalam mengerjakan pekerjaan apapun, selalu berusaha untuk menghasilkan yang terbaik, bila ada yang bisa lebih baik lagi, maka buatlah yang lebih baik lagi. Kalau kita selalu berpikir untuk bekerja selalu menghasilkan yang terbaik maka akan menjadi suatu kebiasaan.

Pengertian sesuatu yang terbaik sangatlah relatif, dan pada saat saya sering mengejar untuk membuat karya yang terbaik, selalu ada saja yang dapat membuat lebih baik lagi. Bagaimana kita tahu bahwa kita sudah dapat membuat yang terbaik ?

Saya memakai produk Word dari Microsoft sudah sejak Word diluncurkan, kemudian setelah beberapa tahun, saya pikir tidak akan ada lagi yang dapat diperbaiki secara signifikan. Tetapi nyatanya setiap keluar versi baru ada saja bagian yang dapat diperbaiki, dan dapat digunakan lebih mudah lagi.

Setelah mengelola Andal Software, saya baru mengetahui, bahwa masukan yang terbaik adalah dari para pemakai produk. Saya mendapatkan masukan banyak dari pemakai, pada saat mereka bertanya bagaimana menggunakan produk, bila banyak yang mengalami kesulitan untuk menggunakan fitur yang sama, berarti fitur tersebut harus diperbaiki agar dapat digunakan lebih mudah lagi. Dan semakin banyak customer yang menggunakan maka feedbacknya semakin banyak, dan tentunya produknya akan menjadi lebih mudah digunakan.

Kalau seandainya saya tidak dibiasakan untuk berpikir membuat hasil pekerjaan yang terbaik, mungkin saya tidak akan terlalu memperhatikan produk dengan detail. Kemungkinan untuk dapat meraih pasar yang lebih besar akan menjadi sulit.

 


penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

19 Dec 2019 | 919
16 Jan 2020 | 838
06 Dec 2019 | 772