rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

A Good Leader

A Good Leader

Saya melihat banyak penjual tanaman pohon di pinggir jalan atau di senayan, di sana saya melihat beberapa tanaman yang dulu waktu saya kecil merupakan tanaman liar yang banyak sekali tumbuh di pekarangan atau lahan yang tidak digunakan. Saking banyaknya tumbuh, tanaman tersebut tidak mempunyai harga, setiap orang dapat mengambilnya. Tetapi pada saat saya melihat di tukang tanaman di Jakarta, tanaman tersebut dapat terlihat indah, dan dijual ada yang mau membeli. Kadang ada yang harganya lumayan mahal, walaupun asalnya adalah tanaman liar yang tidak mempunyai nilai sama sekali.

Saya lihat tidak semua tukang tanaman juga dapat membuat tanaman yang tidak berharga menjadi tanaman yang bernilai, dan juga tidak semua tanaman yang bernilai dapat menjadi tanaman yang berharga. Kemampuan tukang taman yang dapat membuat tanaman yang tidak bernilai menjadi tanaman yang bernilai sudah pasti penghasilannya akan lebih baik dibandingkan dengan tukang taman yang tidak bisa melakukan perubahan. Dan tukang tanaman yang dapat mengubah tanaman yang kurang bernilai menjadi bernilai, tentunya mempunyai keahlian yang tinggi.

Sama halnya seorang good leader akan dapat mencetak leader-leader yang lainnya, seorang leader belum bisa dikatakan a good leader kalau dia belum bisa mencetak leader lainnya. Seorang good leader dapat melihat potensi dalam diri seseorang, dari orang yang belum tahu apa-apa dapat dijadikan seorang leader yang baik.

Andal Software lebih sering mencari fresh graduate dibandingkan dengan orang yang telah berpengalaman dan dari fresh graduate tersebut kita bimbing untuk menjadi a good leader dan sekarang sudah bertumbuh leader-leader yang cukup handal. Tahap berikutnya adalah menjadikan mereka sebagai pencetak leader yang lainnya, bila suatu organisasi banyak atau mempunyai beberapa leader yang dapat mencetak leader lainnya, maka perusahaan tersebut akan menjadi kuat dan pertumbuhannya juga pesat.

Seperti tanaman juga yang awalnya mungkin tidak mempunyai nilai, tetapi setelah dibawa dan dipelihara oleh tukang tanaman yang handal akan menjadi tanaman yang mempunyai nilai. Apa saja yang perlu dipersiapkan? Seperti tanaman akan bertumbuh subur bila ditanam di tempat yang tanahnya gembur, sinar matahari yang cukup, serta pemeliharaan yang baik. Seorang yang baru lulus masuk di dalam perusahaan, bila kultur perusahaan itu bagus yang dapat mendorong seseorang bertumbuh dan kultur itu ibarat tanah pada saat menanam tanaman.

Sebaik apapun kultur perusahaan, ternyata tidak semua orang yang masuk dapat dibentuk menjadi orang orang yang di atas rata-rata. Dulu saya percaya bahwa kepandaian yang dapat di test dengan IQ merupakan salah satu faktor keberhasilan seseorang, tetapi dengan berjalannya waktu, ternyata banyak yang mempunyai IQ bagus tetapi hasil pekerjaannya tidak terlalu baik. Ternyata ada faktor yang sangat dominan untuk membuat keberhasilan seseorang yaitu attitude atau sikap.

Orang-orang yang persisten dan mempunyai jiwa disiplin tinggi biasanya orang tersebut mempunyai bibit kesuksesan dan kesulitannya adalah kita tidak bisa melakukan test untuk persisten dan disiplin. Walaupun kadang dapat di test dengan beberapa pertanyaan pengalaman pribadi seseorang, tetapi masih harus dibuktikan di dalam pekerjaan.

Latar belakang inilah yang mengubah Andal Software cara merekrut karyawan baru, yang tadinya menggunakan masa percobaan selama 3 bulan, sekarang dimulai dengan masa kontrak selama 1 tahun. Dan waktu 1 tahun sangat cukup untuk menguji seseorang itu disiplin atau tidak, dalam menghadapi masalah apakah dia mempunyai daya juang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Apakah mempunyai tanggung jawab terhadap pekerjaan yang diberikan?

Sikap-sikap yang diperlukan untuk menjadi orang yang diatas rata rata, dapat diuji selama kurun waktu 1 tahun, dan kalau tidak memenuhi kriteria maka akan diputuskan kontraknya, walaupun belum selesai masa kontrak.

Pelajaran yang saya dapatkan
Dalam membangun perusahaan, hal yang paling utama adalah harus membangun manusianya terlebih dahulu. Tidak mudah untuk membangun manusia ini, diperlukan kesabaran yang tinggi dan persisten. Tetapi kalau teamnya sudah jadi, kita akan dengan mudah untuk membuat program program di dalam perusahaan.

Dari pengalaman pada saat Andal Software jatuh di tahun 2003, pada saat itu saya belum mempunyai leader yang dapat diajak bekerjasama dengan baik dan pada saat itu rasanya persoalan menjadi beban saya sendiri, dan saya merasakan beratnya beban pada saat itu.

Sekarang ini selama wabah virus corona covid 19 mewabah di seluruh dunia, dan Indonesia juga terdampak dengan wabah ini, keadaan ekonomi melemah, sehingga hampir semua perusahaan terdampak. Tidak terlepas Andal Software juga terkena imbasnya juga, dan mungkin dengan jumlah karyawan sekarang yang sudah cukup banyak, persoalan yang dihadapi tentunya lebih besar dibandingkan dengan pada saat Andal Software jatuh. Tetapi saya menghadapinya dapat jauh lebih tenang, dan sudah tahu apa yang harus dilakukan. Ini terjadi karena jumlah leader yang dicetak di Andal Software sudah dapat bekerja sama dengan baik, sehingga pemikiran-pemikiran mereka dan kerja mereka akan membantu bagaimana mempertahankan Andal Software.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

06 Apr 2020 | 971
17 Apr 2020 | 892