rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Aturan Untuk Ditaati

Aturan Untuk Ditaati

Setiap perusahaan mempunyai peraturan masing-masing, bisa jadi ada peraturan yang sama antar semua perusahaan dan pasti setiap perusahaan mempunyai ciri tersendiri di dalam aturan perusahaan. Kita tidak dapat menggunakan peraturan perusahaan yang satu untuk diterapkan ke perusahaan lainnya. Karena setiap perusahaan mempunyai kultur, cara kerja dan bisnis yang berbeda.

Saya masih ingat pada saat awal mendirikan perusahaan, rasanya saya tidak membuat peraturan perusahaan, tetapi setiap orang yang bekerja di perusahaan itu mengerti bagaimana mereka harus bekerja. Sampai jumlah karyawan mencapai 30 pun, saya masih belum memikirkan aturan perusahaan.

Setelah jumlah karyawan lebih dari 40 baru memulai membuat aturan yang lebih baku, awalnya mungkin sulit untuk membuat peraturan, tetapi kemudian akan lebih mudah, peraturan tersebut terus diperbarui dan semakin banyak jumlah karyawannya yang saya rasakan adalah peraturannya semakin detail.

Pertanyaannya mengapa semakin besar perusahaan peraturannya semakin detail? Yang saya lihat pada saat perusahaan bertumbuh dan jumlah karyawan bertambah, maka karakter karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut semakin beragam, baik cara berpikir maupun kebiasaannya. Tentunya dengan adanya peraturan perusahaan maka peraturan tersebut harus dipatuhi oleh semua karyawan yang ada di Andal Software dan pertanyaan berikutnya yang muncul adalah apakah karyawan terbaik adalah karyawan yang sudah mengikuti semua peraturan di dalam perusahaan?

Setelah saya perhatikan ada karyawan yang sangat memperhatikan aturan dan dia patuh dengan peraturan-peraturan perusahaan dan orang yang sangat patuh terhadap aturan ini ada dua macam orang ternyata yang sebagian patuh karena memang itu aturan perusahaan yang harus ditepati. Dan dia dapat menggunakannya, misalkan jam kerja di Andal Software adalah dari jam 8.00 hingga jam 17.00. Mereka masuk tidak pernah terlambat selalu tepat dan pulangnya juga selalu tepat waktu terlepas dari pekerjaannya baik atau tidak, yang penting mereka ini sudah mengikuti aturan dan tidak melanggarnya.

Ada sebagian orang lagi yang memang mematuhi peraturan, tetapi pada saat bekerja dia memang benar bekerja dan selalu berusaha agar pekerjaan yang dilakukan bisa menjadi lebih baik lagi. Orang-orang di kelompok pertama mempunyai pandangan yang agak sempit tentang pekerjaan, jadi menurut dia kalau saya sudah menunaikan kewajiban sesuai dengan peraturan yang berlaku artinya saya sudah bekerja dengan baik. Terlepas hasil pekerjaan yang dilakukan membuahkan karya yang terbaik atau tidak bukan urusannya.

Dalam kehidupan sehari-hari juga sering terjadi orang mengikuti aturan karena memang harus mengikuti contoh yang paling mudah adalah saat berkendara. Pada saat di lampu merah, ada saja kalau lampu sudah kuning, dia ngebut secepat cepatnya agar dapat kesempatan untuk jalan terus. Dia tidak menghiraukan apakah nanti ada kendaraan dari arah lain yang sudah memulai berjalan itu maju. Bila kendaraan dari arah lain itu mulai maju maka akan terjadi kecelakaan.

Lampu merah dipasang untuk menghindari kecelakaan tabrakan, dengan adanya lampu kuning sebenarnya agar kendaraan dapat bersiap untuk berhenti. Untuk kendaraan yang sudah tanggung berjalan dapat diteruskan, tetapi kendaraan yang mengetahui itu lampu sudah menyala kuning seharusnya sudah berhenti, malahan di tancap gas agar dapat jalan terus selagi lampu masih kuning.

Di dalam perusahaan orang-orang yang mengikuti aturan hanya sekedar patuh saja dan kadang mereka bisa mencari celah dari peraturan itu yang dapat digunakan untuk kepentingan dari dirinya. Pada saat Andal Software membuat software mass market seperti GL, Software untuk perdagangan, kami sering sekali mengirimkan team support ke pelanggan, dengan biaya tertentu. Kemudian salah seorang dari team support bertanya pada saya, apakah kalau dia melakukan support di hari sabtu bisa? Menurut peraturan perusahaan kami memberikan support hanya di hari kerja saja, karena kami tidak mau ada lembur. Terus dia mengatakan, "kita kan harus bantu customer Pak, karena di hari kerja mereka sibuk sehingga tidak bisa menerima saya. Saya mau bekerja di hari libur boleh nggak?" saya tahu persis apa yang ingin dia lakukan, dia ingin mendapatkan uang tambahan, dan memberi alasan tentang customernya. Keduanya mendapatkan keuntungan, customer tidak harus membayar sesuai dengan tarif di kantor, sedangkan team support mendapatkan uang tambahan.

Pelajaran yang saya dapatkan
Peraturan yang ada digunakan sebenarnya untuk membuat suatu keharmonisan dalam suatu kelompok. Lalu lintas di jalan harus ada aturannya sehingga akan mengurangi kecelakaan lalu lintas, kalau setiap pengguna jalan sadar akan hal ini, maka berkendara di jalan menjadi sangat nyaman. Di jalan tol biasanya ada beberapa jalur. Peraturannya adalah yang lambat di jalur yang paling kiri, dan jalur paling kanan hanya digunakan untuk mendahului kendaraan lain. Pada kenyataannya aturan tersebut sering dilanggar, kendaraan yang ingin cepat harus melakukan pindah pindah jalur. Tentunya ini juga akan membahayakan kendaraan lainnya.

Aturan di dalam perusahaan juga sama, adanya peraturan dimaksudkan agar karyawan dapat bekerja dengan produktif dan akan membawa perusahaan lebih berkembang lagi dan karyawan paling tidak akan menikmati hasilnya. Karyawan yang bekerja mengikuti peraturan dengan baik, tetapi tidak menghasilkan sama saja dengan dia akan merusak periuk nasinya sendiri. Pembuat peraturan di perusahaan juga harus jeli dengan hal-hal kecil ini, tetapi kalau peraturan di buat terlalu kaku, karyawan tidak mempunyai ruang untuk melakukan inovasi

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

06 Apr 2020 | 970
17 Apr 2020 | 891