rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Organisasi Yang Bertahan Hingga Lebih Dari 500 Tahun

Organisasi Yang Bertahan Hingga Lebih Dari 500 Tahun

Berawal dari kekaguman atas hasil karya dari organisasi ini, saya mulai mendalami mengapa orang-orang yang ada di dalam organisasi ini kalau berkarya hasilnya luar biasa dan sudah berjalan lebih dari 500 tahun tersebar di seluruh dunia.

Organisasi ini yang terkenal dengan nama Yesuit, Yesuit adalah suatu Ordo (di dalam gereja katolik ada Imam yang tergabung dalam suatu tarekat atau terikat pada suatu wilayah tertentu, tarekat Imam gereja katolik ada beberapa salah satunya adalah Serikat Jesuit disingkat SJ, Paus yang sekarang adalah dari ordo SJ yang pertama yang menjadi Paus, setelah gereja katolik berdiri selama 2000 tahun), dimanapun berkarya hasil karyanya sangat luar biasa, di Indonesia sendiri ada ATMI (akademi Teknik Mesin) yang sangat terkenal dengan kualitasnya. LPPM didirikan oleh Romo Kadarman SJ dan sekolah-sekolah seperti kolese Kanisius, Gonzaga, Kolese De Brito, Kolese Loyola.

Pertanyaan saya adalah yang membuat mereka dapat membuat karya yang besar, tentunya bukan secara kebetulan, tetapi pasti di dalam organisasi tersebut mempunyai ciri tersendiri sehingga dapat menghasilkan karya yang luar biasa. Ada Jesuit dari India yang juga terkenal di Indonesia sekarang sudah almarhum namanya Anthony De Melo SJ, dia banyak menuliskan buku salah satunya berjudul Sadhana, ada juga Awareness. Kedua buku tersebut adalah buku yang sangat dikenal.

Berangkat dari kekaguman tersebut saya mulai banyak membaca buku-buku tentang Ignatius dari Loyola dia adalah salah satu pendiri Serikat Jesuit. Ignatius dari Loyola sebelumnya bernama Inigo dia orang Spanyol Bask, dan dari keluarga kerajaan yang sangat dihormati, sehingga Inigo menjadi seorang ksatria yang hebat. Dalam mempertahankan kerajaan, Inigo berperang melawan Perancis, negara yang lebih besar dibandingkan kerajaannya, tentu saja dalam pertempuran yang tidak seimbang, tentara Perancis dapat dengan mudah mengalahkan pasukan yang dipimpin oleh Inigo, di Pamplona, Inigo terluka kedua kakinya, sehingga harus dirawat.

Pada saat di rawat inilah terjadi perubahan pada diri Inigo, perubahan terjadi karena dia banyak membaca buku-buku riwayat orang suci, yang tadinya dia ingin menjadi ksatria, kemudian berubah ingin menjadi seperti orang-orang suci yang digambarkan dalam buku-buku tadi. Sampai akhirnya dia bersama dengan beberapa temannya mendirikan serikat jesuit.

Buku Heroic Leadership yang sudah banyak terjual ditulis oleh seorang mantan Jesuit yang bekerja di perusahaan cukup besar di Amerika dan sekarang menjadi konsultan, dengan ilmu yang didapatkan selama menjadi pastor Jesuit, untuk mengembangkan perusahaan-perusahaan.

Di dalam buku konstitusi Jesuit yang ditulis 500 tahun yang lalu, masih relevan hingga sekarang untuk mengembangkan suatu organisasi dan untuk pembinaan manusianya Ignatius dari Loyola mengambangkan latihan rohani yang harus diikuti oleh seluruh calon imam Jesuit maupun imam jesuit. Latihan rohani ini bisa juga diikuti oleh awam dan saya menemukan dalam latihan rohani ini kita dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada di dalam diri kita, dan kita dapat membuat keputusan yang bebas, artinya tidak disertai dengan kelekatan dengan lainnya, sehingga keputusan itu akan jauh lebih baik, dibandingkan pada saat kita memutuskan sesuatu yang dibarengi dengan kelekatan pada suatu hal.

Pelajaran yang saya dapatkan
Sudah sejak 2004, di Andal Software berfokus pada pengembangan manusia, tetapi pertanyaannya adalah bagaimana cara mengembangkan manusia? Kemudian apakah setelah dikembangkan kemudian dia pergi apakah tidak sia-sia? Di awal kami mulai untuk mengembangkan manusia banyak sekali pertanyaan yang muncul di dalam diri saya, karena memang di dalam bisnis biasanya dilihat dari segi untung rugi.

Setelah saya membaca buku pada saat itu, saya mulai berubah cara pandangnya, kami harus mengembangkan manusia dan ini menjadi yang utama, terlepas kalau sudah dikembangkan dia akan keluar. Yang saya pikirkan pada saat itu adalah kalau tidak memulai mengembangkan manusianya, maka perusahaan tidak akan bertumbuh dengan pesat.

Sekarang setelah saya mulai mempelajari banyak tentang spiritualitas Ignatian (sebutan orang-orang yang mempelajari latihan rohani dari Serikat Jesuit) saya mulai mengerti bagaimana cara untuk mengembangkan manusia sehingga dapat mengeluarkan potensi-potensi yang ada di dalam dirinya. Buku yang sangat mengesankan untuk saya adalah The Jesuit Guide in Almost anything karangan dari James Martin. SJ, dari buku tersebut banyak memberikan contoh-contoh kemelekatan dan saya belajar banyak dari cara mengatasi kemelekatan tersebut, sehingga dapat mengambil keputusan dengan lepas bebas.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

06 Apr 2020 | 971
17 Apr 2020 | 892