rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Perubahan

Perubahan

Kata seorang genius yang bernama Albert Einstein, mengatakan di only constant is changed. Memang benar perubahan selalu ada dan kecepatan perubahan terasa semakin cepat sekarang ini. Pertanyaannya adalah apakah faktor pendorong perubahan? Jawabnya adalah Teknologi. Saya menghadiri launching buku yang berjudul dua sisi mata uang, yang ditulis oleh DR Phil. Hora Tjitra, DR Phil Juliana Muniati M. Si dan Prof. DR. Hana Panggabean. Buku tersebut merupakan studi kasus dari perusahaan yang ada di Indonesia maupun di Eropa, dan di buku tersebut dituliskan juga kasus yang dibahas.

Hadir pula CEO Deltomed Pak Mulyo Rahardjo banyak sharing perjalanannya dalam melakukan perubahan-perubahan. Sharing yang menarik, dan tentunya waktu mengalaminya mungkin tidak seindah pada saat disharingkan. Banyak hal-hal yang terjadi secara tak terduga pada saat melakukan perubahan.

Sekarang ini Andal Software sedang melakukan perubahan yang dimulai pada awal tahun 2019, dan sekarang masih belum selesai dalam melakukan perubahan, rasanya masih banyak yang perlu dilakukan. Dari Sharing yang diberikan oleh pak Mulyo serta penjelasan dari Pak Hora, ternyata perubahan memerlukan waktu yang panjang bisa sekitar 5 tahun. Dan memang Andal Software diperkirakan akan memakan waktu selama 5 tahun dalam melakukan perubahan.

Perubahan apa yang dilakukan oleh Andal Software, kira-kira empat atau lima tahun yang lalu, kami merasakan pertumbuhan Andal Softaware semakin tahun semakin lambat, dan saya lihat pasti ada sesuatu yang harus dilihat lebih jauh.

Dari analisa singkat, Andal Software awalnya berfokus pada sales dan marketing, sehingga pengembangan produk tidak terlalu diperhatikan, dan kami merasa pada saat itu, produk kami sudah cukup bagus untuk mengambil pasar yang lebih besar lagi. Tetapi kami lupa akan satu hal, kami adalah perusahaan teknologi, di mana perubahan teknologi sangat cepat dan teknologi itu sendiri adalah agen perubahan yang sangat dahsyat, banyak perusahaan-perusahaan besar langsung hilang karena teknologi seperti kodak, nokia, lotus 123. Menyadari hal ini, maka kami mulai menggodok arah perusahaan harus berubah, bila arah berubah, maka hal yang paling fundamental adalah kami harus mengubah visi dan misi perusahaan.

Setelah mempelajari banyak aspek dunia bisnis teknologi, dan kami sudah yakin dengan arah yang akan kami tuju. Barulah awal tahun lalu kami merencanakan perubahan dimulai. Perubahan dimulai dari mendefinisikan ulang visi dan misi perusahaan, serta menggali value perusahaan yang sudah tertanam di seluruh andalers.

Kami juga membuat job grading, perubahan salary structure dan juga peraturan perusahaan. Misinya adalah semuanya disederhanakan, agar mudah dimengerti oleh semua andaler dengan mudah. Peraturan perusahaan yang ada dibuat sekitar 5 tahun yang lalu, dan pada saat itu jumlah karyawan baru sekitar 35 orang, sekarang ini sudah mencapai 90 orang.

Dan yang saya rasakan tantangan terbesar adalah pada saat membangun culture perusahaan, yang tadinya cultur perusahaan itu terbentuk dengan sendirinya, sekarang ini kami buat lebih jelas lagi dengan memberikan definisi Andaler itu harus seperti apa?

Pelajaran yang saya dapatkan
Dari peluncuran buku dua sisi mata uang serta sharing dari Pak Mulyo sebagai CEO Deltomed, saya melihat bahwa perubahan yang dilakukan di Andal Software sudah dalam jalur yang benar. Kami ingin memberikan legacy agar andal software dapat bertumbuh terus walaupun mungkin saya sudah tidak aktif di perusahaan.

Pak Hora memberikan beberapa contoh, seperti PT. KAI yang pada saat dipegang oleh Pak Jonan banyak melakukan perubahan besar, dan sekarang ini walaupun Pak Jonan sudah tidak menjabat lagi, tetapi pelayanan masih bisa dirasakan seperti pada saat Pak Jonan masih ada. Kuncinya kata Pak Hora adalah membangun sistem dan proses yang well defined, disertai dengan membangun budaya dan suksesi.

Dari pelajaran tersebut pekerjaan saya yang akan datang adalah menentukan suksesi, agar pada saat saya pensiun nanti Andal Software masih dapat berkembang, dan diharapkan pertumbuhannya bisa lebih pesat lagi.

Sekarang ini ibarat membangun rumah, harus diawali dengan membangun pondasi yang kokoh agar bangunan tersebut dapat bertahan hingga ratusan tahun.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

19 Dec 2019 | 919
16 Jan 2020 | 839
06 Dec 2019 | 772