rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Pelajaran dari Pohon Pepaya

Pelajaran dari Pohon Pepaya

Di pagi hari diiringi oleh hujan yang rintik-rintik, pohon pepaya yang telah ku tanam tinggi dahan yang jatuh sebelumnya kering padahal dia yang memberi makan agar pohon pepaya tumbuh tinggi, saya masih melihat bekas-bekas daun pepaya yang menempel pada batang pohon, semakin ke bawah bekasnya semakin seperti garis. Sedangkan di atas bekasnya masih terlihat dengan jelas dahan daun pepaya yang tadinya menempel ke batang pohon pepaya.

Jadi rupanya pada saat dahan daun pepaya mulai mengering, secara perlahan dahan pohon tersebut terlepas dari batang pohonnya, sampai akhirnya lepas dan daunnya kering kemudian jatuh. Dari pohon pepaya ini saya membayangkan perusahaan yang saya bangun sudah lebih dari 30 tahun yang lalu, sudah banyak sekali karyawan yang masuk kemudian keluar, dan ada beberapa yang bertahan cukup lama di Andal Software.

Semuanya itu berkontribusi untuk mengembangkan Andal Software. Sejelek apapun karyawan itu bekerja di Andal Software, mereka tetap memberikan kontribusi dan pelajaran untuk perkembangan Andal Software. Saya teringat pada saat kami masih mengembangkan aplikasi dengan DOS dan servernya masih menggunakan novel, tidak ada pembatasan siapa yang boleh akses ke server. Sehingga pada suatu hari ada seorang programmer yang tidak sengaja menghapus program yang ada di server. Walaupun secara periodik kita melakukan backup data, tetapi pekerjaan beberapa hari hilang, dan harus dimulai lagi.

Dengan kejadian tersebut, maka kami mulai berpikir bagaimana caranya membatasi hak akses siapa yang boleh dan siapa yang tidak boleh melakukan delete. Seandainya masalah salah hapus tidak terjadi, dan terjadinya setelah jumlah programmernya banyak, maka masalah yang timbul akan menjadi besar.

Sejak saat itu saya belajar, bahwa kesalahan yang dilakukan oleh karyawan, tidak berarti harus dihukum, yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana agar kesalahan yang dibuat oleh karyawan dapat dicegah oleh sistem, dari sini kami dapat memperbaiki sistem yang ada di dalam perusahaan. Pernah di bagian administrasi melakukan kesalahan mengirim surat perjanjian ke customer, karena kesalahan pengiriman ini, kami memperbaiki sistemnya dengan menggunakan amplop yang ada jendelanya, sehingga apa yang tertera di surat itulah yang akan dikirim.

Banyak hal-hal kecil terjadi, kemudian dari kejadian itu sistem yang ada di dalam perusahaan akan diperbaiki. Seolah-olah bila kesalahan terjadi itu dianggap sebagai menguji sistem yang ada di Andal Software. Apakah sistemnya baik? Sistem yang baik kalau dijalankan akan mengurangi banyak kemungkinan kesalahan yang terjadi.

Hal ini pun terjadi pada produk yang kami hasilkan, dengan banyaknya customer yang kami tangani, tidak sedikit kesalahan itu terjadi pada saat customer salah memasukan data. Pertanyaannya adalah bagaimana agar kesalahan memasukan data dapat dicegah?

Semakin banyak customer yang menggunakan aplikasi kita, tentunya semakin banyak kemungkinan kesalahan yang terjadi, dan semakin banyak pula kita menangkap masalah yang terjadi di lapangan. Bila kesalahan ini dapat digunakan sebagai feedback untuk perbaikan aplikasi, maka aplikasi kita akan menjadi lebih baik, di setiap saat. Hal ini tidak akan terjadi apabila software tersebut di custom, dan setiap customer tidak akan mendapatkan user experience yang sama, karena softwarenya memang berbeda.

Pelajaran yang saya dapatkan
Setiap karyawan akan memberikan kontribusi untuk kemajuan pertumbuhan Andal Software, terlepas dari performance karyawan tersebut pada saat masih bekerja di Andal Software. Karyawan yang dapat bertumbuh bersama Andal Software akan bertahan, dan karyawan yang pertumbuhannya lebih cepat dari pertumbuhan Andal Software, dia pasti akan cari tempat baru yang lebih cocok lagi, ada juga karyawan yang tidak dapat bertumbuh sesuai dengan kecepatan pertumbuhan Andal Software karyawan seperti ini juga akan lepas dari Andal Software.

Sama halnya dengan daun pepaya, setiap daun pepaya yang tumbuh dan menempel pada batang pohon pepaya akan memberikan kontribusi, memasak makanan untuk semua pohon pepaya. Daun pepaya itu, menghantar pohon pepaya untuk tumbuh sampai batas tertentu dan akan digantikan dengan daun pepaya yang lebih muda, sehingga pohon pepaya akan ditentukan juga oleh tunas-tunas daun pepaya baru. Bila kita potong ujung pohon pepaya, yang menyebabkan tidak bisa tumbuh lagi tunas baru maka pohon pepaya tersebut akan mati.

Sama halnya di dalam perusahaan, selalu harus ada karyawan baru, dan karyawan yang pertumbuhannya melebihi cepat atau lebih lambat dari pertumbuhan perusahaan akan pergi meninggalkan Andal Software, sedangkan yang dapat tumbuh bersama akan bertahan.

Jadi kita tidak dapat menyimpulkan perusahaan itu bagus kalau karyawan yang bekerja rata-rata sudah cukup lama, dan turn over karyawan hampir tidak ada, perusahaan seperti ini juga tidak terlalu sehat tetapi turn over karyawan yang tinggi juga tidak sehat.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

19 Dec 2019 | 919
16 Jan 2020 | 839
06 Dec 2019 | 772