rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Di Dunia ini Tidak Ada Yang Kekal

Di Dunia ini Tidak Ada Yang Kekal

Bulan Desember merupakan bulan terakhir. Dimana waktu yang tepat untuk merenungkan diri kita, apakah yang telah kita lalui selama satu tahun ini banyak memberikan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupan kita? Bulan terakhir ini juga merupakan waktu yang sangat tepat untuk melakukan rencana apa yang hendak kita capai di tahun yang akan datang.

Tahun 2020 menjadi tahun yang sangat istimewa, karena beberapa tahun sebelum mencapai tahun 2020 banyak yang memberikan resolusi apa yang ingin dicapai di tahun 2020. Karena angka 2020 merupakan angka yang menggambarkan penglihatan mata kita sangat baik. Bahkan WHO mencanangkan suatu program vision 2020 di tahun 1999.

Saya merasakan bahwa perubahan yang terjadi sekarang ini semakin cepat, kalau saya bandingkan pada saat masih sekolah, perasaan kehidupan ini perubahannya tidak terasa. Setelah saya flashback, yang menyebabkan perubahan adalah teknologi, dengan adanya handphone yang canggih seperti sekarang ini, mengubah banyak cara orang berkomunikasi.

Perubahan cara perlu dilakukan pada saat ada teknologi baru dan perubahan peraturan juga perlu dilakukan, kalau tidak akan tertinggal. Terutama di dalam dunia usaha, seperti misalnya pada jaman dulu laporan rekening bank, tagihan telepon dan listrik, aturannya harus ditempel materai dan ditanda tangan. Kita tidak bisa membayangkan kalau sekarang tagihan-tagihan itu harus menempelkan materai dan membubuhkan tanda tangan. Mungkin ada pekerjaan khusus tanda tangan, tetapi kalau peraturannya yang tanda tangan adalah direktur atau manager keuangan maka mahal sekali, karena kerjanya hanya tanda tangan saja. Maka peraturan materai dan tanda tangan diubah. Perusahaan dengan jumlah transaksi 200 atau lebih dalam sehari, boleh tidak membubuhkan meterai dan tanda tangan basah. Tetapi cukup dengan memberikan laporan dan membayar jumlah materai yang harus ditempel ke negara.

Tetapi menurut saya angka 200 transaksi per hari juga sudah banyak sekali, jadi perusahaan yang transaksinya belum mencapai 200 harus menempelkan materai dan tanda tangan, suatu pekerjaan yang sangat tidak efisien.

Aplikasi software untuk memesan transportasi sekarang sudah menjamur banyaknya, tetapi aturannya belum jelas, misalkan kendaraan yang boleh digunakan untuk umum, harus plat kuning dan kir, sedangkan taksi online menggunakan mobil pribadi dan memang konsepnya sebagai mobil tumpangan awalnya. Bukan sebagai khusus untuk taksi. Tentunya perusahaan taksi akan mengeluarkan biaya lebih banyak karena banyak yang harus diurus, dibandingkan dengan taksi online. Bedanya harga mobil taksi akan lebih murah karena mendapatkan subsidi di pajak. Sedangkan taksi online harus membayar pajak full, tetapi yang membayar bukan pemilik perusahaan tetapi pemilik mobilnya.

Surat perjanjian jual beli, setiap ada transaksi jual beli suatu produk software, biasanya ada perjanjian jual belinya. Tetapi sekarang ini software dijual online, dan transaksinya banyak setiap hari, sehingga tidak mungkin lagi dilakukan perjanjian jual beli, dengan tanda tangan dan juga membubuhkan tanda tangan. Jadi banyak perusahaan software dari luar negeri terutama, perjanjiannya dilakukan dengan softcopy, artinya kalau menyetujui term dan conditionnya. Maka kita harus melakukan klik ditempat yang telah disediakan, pada saat kita mengklik tersebut. Artinya kita setuju dengan perjanjian yang tertera. Karena saya bukan orang hukum, apakah hukum tersebut berlaku di Indonesia atau tidak. Kalau tidak berlaku, akan sulit sekali menjual software online.

Pelajaran yang saya dapatkan
Setiap ada kemajuan dibidang teknologi, akan mengubah cara kita bekerja, dan Teknologi Informasi ini banyak mengubah bisnis, dari segi akurasi dan volume. Kita tidak bisa membayangkan dengan online store maka transaksi yang dapat dilakukan dalam satu hari jumlahnya bisa jutaan transaksi. Hal ini akan sulit dilakukan tanpa menggunakan komputer.

Jadi dengan adanya kemajuan teknologi perlu dilakukan review proses bisnis, apa yang dapat di perpendek sehingga akan mempercepat proses tanpa mengurangi faktor keamanan. Salah satu misi andal software adalah proses, kita akan melakukan evaluasi terhadap proses secara terus menerus, dan bila perlu melakukan perubahan akan diubah.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

No data to display