rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Modal Gratis yang Diberikan Ke Setiap Orang

Modal Gratis yang Diberikan Ke Setiap Orang

Awalnya saya cukup heran pada orang-orang yang keluarganya tidak mampu secara ekonomi, tetapi anaknya dapat membangun usaha yang begitu besar. Sedangkan banyak anak orang kaya yang berakhir dengan kemiskinan atau kehidupan nya Cuma rata-rata saja.

Saya tidak terlalu menyadari bahwa sebenarnya setiap orang yang lahir sudah diberikan modal untuk memulai usaha sendiri, modalnya berupa talenta atau bakat dan waktu selama 24 jam dalam sehari, dan dikalikan dengan jumlah umur hingga seseorang itu meninggal.

Apa hubungan antara bakat dan modal waktu yang diberikan kepada kita semua, bakat seseorang tidak akan timbul begitu saja, dia harus digali, dilatih dan dicari. Tidak mudah memang mencari bakat yang dimiliki oleh seseorang, karena biasanya orang tersebut tidak menyadari bakat yang dimiliki.

Saya pernah membaca riwayat Nick Vujivic, dia dari lahir tidak mempunyai kaki dan tangan. Pada saat masih kecil, dia sering di bully oleh teman temannya. Sehingga dia merasa hidup ini tidak ada manfaatnya, dia pernah ingin melakukan bunuh diri. Peran orang tuanya yang selalu memberikan dorongan bahwa dia bisa berbuat sesuatu. Akhirnya dia dapat mengatasi semua keterbatasannya. Bahkan dia bisa juga berenang, ikut terjun payung walaupun tandem dengan orang lain. Percaya dirinya sangat tinggi, dan dia menjadi motivational speaker yang cukup terkenal, dan dapat membuat audience nya ikut terharu mendengarkan ceritanya.

Sekarang ini Nick Vujivic telah berkeluarga dan mempunyai anak, dan dapat membina keluarga yang berbahagia. Tentunya dengan menjadi motivational speaker yang dikenal dengan kelas dunia, kehidupan ekonominya baik sekali.

Nick Vujivic memanfaatkan modal gratis yang diberikannya, berupa waktu dan bakat terpendam yang harus ia gali. Dia tidak langsung menjadi motivational speaker yang terkenal, tetapi dia menjual cerita dirinya pada saat dia ada di paling bawah, rasa tidak percaya diri hingga ingin melakukan bunuh diri, menjadi orang yang dapat berprestasi, dengan mengalahkan keterbatasannya yang tidak punya kaki dan tangan.

Cara menggali bakat sebagai motivational speaker melalui kesulitan kesulitan dalam hidupnya, dan bagaimana Nick dapat mengatasi semua kekurangannya itulah yang dapat dijual ke public, sehingga dia menjadi motivational speaker yang terkenal. Seandainya dia tidak berusaha untuk mengalahkan kekuarangannya menjadi kekuatan, Nick tidak akan punya cerita yang dapat di bagikan ke orang lain.

Pelajaran yang saya dapatkan
Semua dari kita harus dapat bersyukur, karena semuanya mendapatkan modal gratis yang berupa waktu dan bakat yang terpendam. Tetapi banyak orang yang tidak tahu bagaimana menggunakan modal gratis tersebut, sehingga banyak yang merasa kesulitan.

Untuk menggali bakat yang terpendam, diperlukan waktu. Banyak orang yang tidak sabar dalam menggali bakatnya, maka kita perlu melatih kesabaran. Mentor saya pernah bilang bahwa sabar pangkal kaya.

Kalau kita belajar dari Nick, di awalnya dia merasa rendah diri dan pada saat merasa rendah diri Nick tidak bisa melakukan banyak hal, Nick bangkit dari keterpurukannya, dia mulai berlatih untuk melakukan banyak hal, setelah dia bisa mengalahkan semua keterbatasannya, maka dia dapat menjadi motivational speaker, dengan menjual pengalaman dia dari keterpurukannya ke tahap kebangkitan dirinya.

Pelajarannya kita harus berani untuk menghadapi tantangan dalam hidup ini, kita harus berani untuk bergerak, untuk menjadi lebih baik. Setelah kita bisa mengatasi semua tantangan yang sedang kita hadapi maka akan ada hasil yang cemerlang. Banyak orang yang saat mengalami keterpurukan, dia menangisi keterpurukannya, tidak punya daya untuk bangkit. Saya sering mendengar bahwa kita harus bisa bangkit satu kali lagi setiap kali kita jatuh. Artinya jumlah kita bangkit harus satu kali lebih banyak dibandingkan dengan terpuruknya. Maka kita akan menjadi orang yang sukses.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

20 Sep 2019 | 2068