rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Menang Lotere yang Memiskinkan

Menang Lotere yang Memiskinkan

Saya dulu pernah berpikir seandainya saya punya uang sekian, maka saya dapat melakukan bisnis ini dan itu, mungkin akan menjadi besar, dan tentunya lebih mudah. Dibandingkan bila saya memulai usaha dari baru, tetapi entah mengapa, hidup saya diberi jalan untuk memulai usaha baru beberapa kali dengan tidak mempunyai modal uang, modalnya hanya tekad saja. Hampir semua usaha yang saya dirikan boleh dibilang berhasil walaupun tidak sebesar apa yang saya bayangkan pada saat awal mendirikan perusahaan tersebut.

Pernah terbesit di dalam pikiran saya, seandainya saya mendapatkan lotery, mungkin bisnis saya akan berbeda artinya bisa menjadi besar. Tetapi apa yang terjadi pada saat saya pernah membaca artikel tentang seseorang yang memenangkan lotery, kemudian jatuh miskin dan parahnya lebih miskin dari sebelum dia mendapatkan lotery. Berikut ini hasil research yang dilakukan pada pemenang lotery adalah 70% dari para pemenang lotery akhirnya bangkrut, 1% pemenang lotery bangkrut setiap tahunnya. Mempelajari para pemenang lotery menjadi menarik, mengapa kebanyakan dari mereka 70% dari para pemenang lotery menjadi bangkrut, bahkan ada yang lebih miskin dibandingkan sebelum memenangkan lotery. Kejadian ini kebanyakan terjadi di Amerika.

Tentunya menjadi pertanyaan untuk saya, mengapa itu bisa terjadi, padahal uangnya banyak bisa untuk memulai usaha apa saja. Setelah saya merenungkan dan membaca dari beberapa autobiografi orang orang yang sukses, mereka juga belajar bagaimana menjadi sukses. Kesuksesan seseorang tidak bisa di beli, harus diperjuangkan.

Dari pengalaman dalam membangun suatu usaha, saya melihat bahwa besarnya usaha yang bisa kita bangun sangat tergantung dari kemampuan kita. Seberapa besar kemampuan kita dalam mengembangkan usahanya? Kalau ingin usahanya lebih besar lagi, maka yang harus kita kembangkan adalah kemampuannya. Kemampuan disini bisa seperti bagaimana menarik partner untuk dapat bekerjasama, atau kemampuan dari segi ilmu yang dimiliki untuk dapat mengembangkan perusahaan yang lebih besar lagi, dan banyak lagi kemampuan kita yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan perusahaan.

Pelajaran yang saya dapatkan
Yang awalnya saya anggap kesulitan karena pada saat memulai usaha saya selalu menggunakan modal tekad, tetapi sekarang saya merasakan bahwa sebenarnya semuanya itu berkah. Yang mahakuasa memberikan saya kesempatan untuk mengasah skill dan kemampuan saya, dalam mengembangkan usaha. Sama halnya pada saat saya jatuh di tahun 2003, semuanya habis, dan saya harus mulai dari usaha yang keadaan keuangannya minus. Kesulitan yang dihadapi pada saat itu sebenarnya saya diberi kesempatan oleh sang Pencipta untuk mengasah skill dan kemampuan saya bagaimana caranya bangkit.

Ada pepatah mempertahankan lebih sulit dibandingkan dengan membangun, memang betul orang yang dapat membangun usaha yang besar, belum tentu dapat mempertahankannya. Banyak usaha usaha yang besar di Indonesia bahkan di dunia yang sekarang sudah tidak terdengar lagi suaranya. Banyak orang yang sukses dalam mengembangkan usaha tetapi pada saat diserahkan ke generasi berikutnya sulit untuk mempertahankannya.

Tetapi ada perusahaan yang bisa bertahan ratusan tahun, dan bahkan semakin besar sekarang menempati ranking ke 18 berdasarkan majalah fortune 500, GE didirikan pada tahun 1892. Bagaimana sebuah perusahaan dapat berdiri hingga lebih dari seratus tahun, ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Tentunya di dalam GE banyak orang orang yang mempunyai kompetensi dan dedikasi yang tinggi dalam mengembangkan perusahaan. Ada beberapa penerima hadiah noble yang dari GE.

Menurut pengamatan saya, untuk menjadi besar kita harus dapat mengembangkan orang orang yang ada di dalam organisasi tersebut menjadi besar juga. Orang yang mau dan mampu mengembangkan dirinya, akan mampu juga untuk mengembangkan perusahaan menjadi besar. Di Andal Software, kami selalu mengedepankan untuk mengembangkan orang orang yang ada di dalam Andal Software. Tidak mudah karena tidak semua orang mau untuk mengembangkan diri, tetapi saya yakin dan sekarang sudah terlihat siapa siapa saja yang bisa terus dikembangkan agar mereka mempunyai masa depan yang jauh lebih baik.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

30 Aug 2019 | 2363
06 Sep 2019 | 2166
20 Sep 2019 | 1889