rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Mengendalikan Diri

Mengendalikan Diri

Saya pernah membaca buku yang berjudul Marshmallow Test, buku ini bercerita tentang anak kecil yang dapat mengontrol dirinya pada saat dia besar akan sukses. Penulis buku Marshmallow mengadakan test untuk anak kecil. Anak berusia sekitar 5 tahun disuruh duduk di meja dan di meja disediakan marshmallow, kemudian anak tersebut diberi tahu, bahwa dia akan ditinggal sendirian, kalau dia bisa bertahan tidak memakan marshmallownya, maka anak tersebut akan mendapatkan tambahan 2 marshmallow.

Setelah ditinggal cukup lama, ternyata hanya ada beberapa anak saja yang masih bertahan, tidak memakan marshmallownya. Dan yang lainnya tidak dapat menahan diri, dan marshmallow yang disediakan di meja habis dimakan. Kemudian anak yang dapat bertahan dan tidak dapat bertahan diamati hingga mereka menginjak dewasa, ternyata anak-anak yang dapat menahan diri cenderung lebih sukses dalam kehidupannya dibandingkan dengan anak-anak yang tidak dapat menahan diri.

Dalam kehidupan ini banyak sekali godaan disekeliling kita, godaan yang paling dapat merusak kehidupan kita adalah godaan yang dalam falsafah jawa disebut mo limo (ada lima pantangan). Mo limo ini telah dibahas pada artikel minggu yang lalu. Mengapa mengendalikan diri menjadi penting? Misalkan ada midnite sales dengan diskon yang cukup besar pakaian yang tadinya berhaga ratusan ribu diskon hingga 50% dan bisa mencapai 70% diskon. Pembelian pakaian yang didasarkan karena diskon, artinya sebenarnya tidak terlalu membutuhkan tetapi karena diskon dan dianggap murah, yang dapat meningkatkan penampilan menjadi lebih baik, maka pakaian tersebut dibeli, walaupun mungkin harganya masih lebih mahal dibandingkan dengan pakaian yang biasa dia beli.

Orang tidak dapat mengontrol pola penggunaan uang, yang sering menyebabkan orang kesulitan uang bersumber pada kemampuannya untuk mengontrol pengeluaran uang. Banyak lelaki yang merasa tergoda dengan wanita lain, walaupun si lelaki tersebut sudah memiliki keluarga. Dengan alasan karena si wanita pandai menggoda sehingga dia jatuh tergoda, yang disalahkan adalah wanitanya mengapa menggoda dirinya? Seorang lelaki yang mempunyai iman yang kuat tidak mudah untuk digoda, walaupun bagaimana caranya si wanita menggoda, tetap saja tidak dapat tergoda. Karena memang kalau orang yang mempunyai iman yang kuat, pada saat ada wanita penggoda, dia akan menjauhi si wanita tersebut. Godaan bisa terjadi karena keduanya, artinya yang digoda juga mau.

Bila pada saat tergoda yang paling mudah adalah menyalahkan orang lain yang membuat tergoda, padahal didalam hidup ini godaan selalu ada, misalkan berat badan sudah overwight tetapi tidak dapat menghindari dari godaan makanan enak. Apakah semua rumah makan yang menyediakan makanan enak harus tutup sehingga dirinya tidak tergoda? Saya rasa cara berpikir semacam ini tidak membuat dirinya bertumbuh, dan menjadi kuat.

Pelajaran yang saya dapatkan
Untuk dapat mengendalikan diri diperlukan latihan dan yang penting dalam latihan adalah mengubah cara kita melihat sesuatu. Banyak buku yang mengajarkan bahwa orang-orang sukses yang dapat meraih karir yang baik di dalam hidupnya, mereka menikmati proses nya untuk menjadi sukses, di dalam berproses sering terjadi tantangan yang sangat besar.

Kemampuan untuk mengendalikan diri seseorang perlu dilatih. Latihan dasar yang perlu dilakukan adalah mawas diri atau aware, kita harus selalu sadar akan dirinya. Seseorang yang dapat mempunyai kesadaran yang tinggi, kalau emosinya tidak mudah terpancing, pengendalian diri untuk tidak emosi, akan membuat seseorang dapat memutuskan dengan baik, termasuk di dalamnya dapat mengendalikan diri dengan baik.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

30 Aug 2019 | 2382
06 Sep 2019 | 2188
20 Sep 2019 | 1906