rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Memilih Tempat yang Cocok Untuk Bertumbuh

Memilih Tempat yang Cocok Untuk Bertumbuh

Ayah saya suka menanam pohon yang berbuah, dan kebetulan di rumah mempunyai pekarangan yang cukup luas untuk ditanam, kami mempunyai pohon mangga, pohon kelapa, nangka dan berbagai pohon yang lainnya. Keluarga kami juga suka dengan pisang dari daerah Bogor, pisang Ambon nya sangat khas dibandingkan dengan pisang Ambon dari daerah lainnya. Jadi kami hanya dapat menikmati pisang Ambon dari Bogor bila keluarga pergi ke Bogor. Ayah saya mempunyai ide untuk menanam sendiri pisang Ambon dari Bogor, dia mencari bibit pisang Ambon dari Bogor, dan dibawalah pulang. Jarak Bogor ke Slawi di mana keluarga saya tinggal, memerlukan waktu satu harian, saat itu belum ada tol, dan mobil juga jalannya tidak dapat cepat seperti mobil sekarang.

Setelah pohon pisang ditanam, dan berbuah, ternyata buah pisangnya tidak seperti yang ada di Bogor. Bau harum khas pisang Ambon dari Bogor tidak ada lagi, sama seperti pisang Ambon yang kami tanam di pekarangan. Pada saat itu ayah saya mengambil kesimpulan bahwa yang membuat berbeda bukan pohon pisangnya, namun tanahnya. Setiap orang diberikan bakat atau talenta, dan talenta yang dimiliki oleh seseorang tidak sama antara yang satu dengan lainnya. Talenta yang dimiliki seseorang tidak akan terlihat kalau tidak digali, talenta harus digali baru kemudian terlihat.

Apa hubungannya antara talenta yang dimiliki oleh setiap orang dengan pohon pisang Ambon dari Bogor? Pisang Ambon dari Bogor memang mempunyai keharuman yang khas yang tidak dimiliki oleh pohon pisang lainnya. Saya tidak pernah mencoba sendirinya pohon pisang Ambon yang dari Slawi ditanam di Bogor apakah berbau harum seperti pisang ambon dari Bogor, mungkin tidak. Karena di dalam pohon pisang Ambon dari Slawi, tidak mempunyai genetik yang membuat buah pisangnya berbau harum. Kekhasan pisang ambon dari Bogor ini akan mengeluarkan keharumannya bila ditanam di tempat yang cocok. Artinya, talenta yang dimiliki oleh seseorang akan bersinar terang kalau di tempat atau digali di tempat yang cocok, baru ia akan bertumbuh. Seperti kalau misalkan mempunyai talenta di bidang seni, maka kalau orang tersebut ada di lingkungan seni maka talentanya akan bertumbuh dengan baik.

Kami di Andal Software bekerja keras untuk dapat menggali potensi yang ada pada Andalers, dimana kebanyakan Andalers baru adalah Fresh Graduate, yang belum mempunyai pengalaman bekerja, yang masih memiliki idealisme yang tinggi, tetapi belum tahu secara pasti apa tujuan hidupnya. Ini terlihat pada saat acara new employee orientation program, ada sesi untuk menemukan impian mereka. Banyak diantaranya yang sulit untuk menuliskan impiannya, ada juga yang impiannya harus diperjelas lagi, tetapi ada yang mempunyai impian yang kuat. Anak-anak seperti ini perlu terus dibantu agar dapat menggali potensi dirinya, dan memang benar ada beberapa yang sudah terlihat. Mereka yang dapat menggali potensi dirinya mempunyai prestasi yang luar biasa, banyak sekali gagasan baru yang dapat diterapkan untuk terus memperbaiki proses di Andal Software.

Walaupun kami telah berusaha untuk membuat suasana yang nyaman agar setiap Andalers dapat menggali potensi dirinya, tetap saja ada yang tidak cocok dengan lingkungan kerja di Andal Software. Hal ini wajar, karena lingkungan yang cocok untuk seseorang belum tentu cocok untuk orang lainnya. Pada Andalers yang mengundurkan diri karena menemukan lingkungan yang lebih cocok, saya selalu mendukungnya. Karena memang adanya Andal Software untuk mengembangkan orang, jadi dimanapun dia dapat lebih berkembang, saya akan merasa bangga.

Pelajaran yang saya dapatkan
Setiap orang mempunyai nilai atau value yang berbeda, sehingga lingkungan yang cocok untuk setiap orang bisa berbeda-beda, kita tidak dapat membuat suatu lingkungan yang cocok untuk semua orang.

Budaya Andal Software telah terbentuk, pada saat ada perubahaan budaya perusahaan, maka sebagian orang akan keluar karena tidak cocok lagi, bukan masalah orangnya tidak bagus atau perusahaannya tidak bagus. Tentunya setiap orang dan setiap perusahaan ingin berkembang untuk lebih maju lagi, maka perubahan atau penyesuaian perlu dilakukan.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

05 Jul 2019 | 2042
30 Aug 2019 | 1716