rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Cara Memperbesar Penghasilan

Cara Memperbesar Penghasilan

Sekarang banyak sekali taman yang dikomersialkan, seperti taman bunga, taman buah, dan taman-taman yang lain. Tentunya di dalam taman tersebut terdapat berbagai macam tanaman sesuai dengan nama dari taman tersebut. Kalau taman buah akan banyak pohon buah-buahan yang ditanam di sana, kalau taman bunga akan dijumpai berbagai macam bunga yang cantik sehingga kita dapat menikmati keindahan warna-warni bunga yang mekar.

Banyak tanaman yang saya lihat di dalam taman tersebut menjadi tanaman yang sangat indah, padahal pada saat saya kecil saya tahu, tanaman tersebut tumbuh liar dan tidak terlihat keindahannya. Setelah disusun dan dicampur dengan berbagai tanaman lainnya, menjadi tanaman yang indah dan bagus. Di dalam taman yang terpelihara dengan baik, tentunya masih ada juga tanaman yang tumbuh liar, artinya entah dari mana datangnya akan tumbuh tanaman liar yang membuat pemandangan taman menjadi kurang baik, atau mengganggu tanaman lainnya. Biasanya tanaman yang mengganggu ini akan dicabut oleh yang memelihara taman dan akhirnya dibakar.

Mengapa taman itu harus diperlihara dan dijaga dengan baik? Jika taman itu terlihat indah, atau bila taman buah, menghasilkan banyak buah yang lezat, maka akan banyak orang yang berdatangan ke taman tersebut, sehingga pendapatan taman akan naik. Bila pendapatan taman akan naik, pengelola taman akan mempunyai cukup uang untuk membeli pupuk, menggemburkan tanah dan pemeliharaan taman lainnya. Diharapkan taman tersebut akan menjadi semakin indah, dan pengunjung yang hadir akan semakin banyak. Di dalam taman yang indah, tentunya akan ada tanaman tanaman yang menjadi simbol dari taman tersebut, dan tanaman yang menjadi simbol harus tanaman yang sangat baik, contohnya kalau di taman buah, ada mangga yang sangat manis, atau di taman bunga ada bunga yang sangat cantik. Menjadi tanaman yang unggul, akan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman tanaman yang lainnya, dan tanaman unggulan ini akan sangat diperhatikan oleh yang memelihara taman.

Saat saya membayangkan taman ini, saya mulai membayangkan di sebuah perusahaan, di dalam perusahaan juga sama, terdapat banyak karyawan, dan kalau di taman itu sama dengan tanamannya. Perusahaan akan berusaha sedemikian rupa sehingga seluruh karyawannya mempunyai kemampuan yang baik, dengan memberikan training, pelatihan, coaching. Bila semua karyawan yang ada di dalam perusahaan tersebut memberikan kontribusi yang positif di dalam pekerjaannya maka perusahaan akan maju, dan tentunya perusahaan akan dapat memberikan yang lebih baik, kepada karyawannya. Tetapi ada juga karyawan yang sudah diberikan training, coaching dan bimbingan tetap saja tidak menghasilkan dengan baik, tentunya karyawan semacam ini tidak akan mempunyai nilai yang baik. Karyawan semacam ini seperti tanaman yang tumbuh liar di dalam taman, akan dicabut dan dibakar. Perusahaan akan lebih memperhatikan karyawan yang dapat memberikan hasil karya yang baik untuk perusahaannya, karyawan yang dapat memberikan kontribusi yang tinggi akan mempunyai nilai yang tinggi juga.

Pelajaran yang saya dapatkan
Belajar dari cerita diatas, bila seorang karyawan ingin mempunyai penghasilan yang baik, harus mempunyai skill yang bagus sehingga dapat menghasilkan karya-karya yang sangat baik. Untuk dapat mencapai suatu skill yang baik ini tidak bisa didapat dalam waktu 2 – 3 tahun bekerja kemudian pindah ke tempat lain. karyawan yang sering berpindah pindah tidak akan mendapatkan kemampuan yang sangat dalam, karena detail dari suatu pekerjaan hanya dapat dimengerti dengan waktu. Tidak menutup kemungkinan karyawan yang berpindah akan dapat kenaikan gaji di tempat yang baru, tetapi pada suatu saat dia akan stagnan, karena apa yang dapat dia berikan ke perusahaan tidak akan meningkat sesuai dengan gaji yang diberikan, bila dia tidak menguasai pengetahuan di dalam pekerjaannya secara detail.

Saya sering melakukan interview, ada orang yang kelihatannya menguasai sekali pekerjaannya, biasanya saya akan bertanya ke detail, dan bila seseorang tidak menguasai, maka dengan pertanyaan pertanyaan yang lebih detail dia pasti tidak dapat menjawab dengan baik. Padahal untuk dapat mengerjakan pekerjaan dengan hasil yang baik, seseorang harus menguasai detailnya. Budaya untuk menguasai detail pekerjaan yang dilakukan, ditanamkan benar di Andal, sehingga bila orang bekerja di Andal sudah 3 tahun, maka dia akan menguasai pekerjaannya. Tidak hanya budaya untuk menguasai detail, tetapi kerja sama team juga dijalankan, karena kalau tidak bisa bekerja dengan team, maka dia tidak akan bisa menyelesaikan masalah masalah yang lebih sulit.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

30 Aug 2019 | 2382
06 Sep 2019 | 2188
20 Sep 2019 | 1906