rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Pola Pikir yang Membangun

Pola Pikir yang Membangun

Cara berpikir akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan seseorang. Menyadari hal ini, setiap ada Andalers baru, kami juga memperhatikan cara berpikir mereka. Seperti misalnya orang yang suka ngeyel, maka pada saat dia ngeyel, kita kasih tahu, orang yang ngeyel artinya merasa dirinya benar. Ada juga yang suka mempertahankan diri apabila dikasih tahu, kita tidak mengharapkan ada pembelaan diri, yang artinya dia tidak mau dikoreksi. Pada saat Andalers baru mau memperbaiki sikap tersebut, maka akan terlihat perkembangan kemampuan dirinya akan meningkat. Apa sebenarnya yang terjadi? Pada saat mereka berhenti ngeyel dan membela diri, mereka mau menerima apa yang diberitahukan, dan pada saat mereka menerima masukan masukan, dengan sendirinya pengetahuannya akan meningkat. Mungkin pada saat awal dia menerima apa yang dikatakan, bisa juga dalam hatinya memberontak untuk tidak setuju dengan apa yang dikatakan oleh atasannya, tetapi lama-kelamaan karena disuruh hanya mendengarkan, otak akan menerima informasi yang benar.

Ada lagi orang yang berpikir bahwa untuk dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik perlu dibantu oleh atasannya atau temannya, karena tidak dibantu maka dia tidak bisa mengerjakan pekerjaannya. Ada lagi cara berpikir yang menganggap bahwa dia tidak bisa mengerjakan sesuatu karena merasa terganggu dengan sekelilingnya. Contohnya dia tidak bisa mulai membangun usahanya karena terganggu oleh saudaranya yang selalu minta tolong padanya. Sikap yang selalu merasa dirinya menjadi viktim dari orang lain, adalah sikap yang sangat menghambat untuk kemajuan dirinya. Karena gangguan di luar sana sangat banyak, sebenarnya yang penting bukan bagaimana agar ganguan tersebut hilang, tetapi cara berpikirnya adalah bagaimana saya dapat terus melanjutkan pekerjaan saya walaupun banyak gangguan.

Ada juga yang berpikir pekerjaannya tidak dapat diselesaikan dengan baik, karena customernya sulit untuk diajak kerjasama, saya akan selalu mengatakan bagus, banyaklah bertemu dengan customer seperti itu, karena dengan banyak bertemu customer yang seperti itu, maka dia dapat mengatasi bagaimana dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik, walaupun customernya sulit. Mungkin saja customernya baik, tetapi dia tidak dapat berinteraksi dengan orang lain secara baik, maka hasilnya tidak baik, dengan dia mau berlatih bagaimana menghadapi customer yang sulit menurut dia, lama-kelamaan dia akan belajar bagaimana menghadapi orang-orang yang dianggap sulit olehnya.

Pelajaran yang saya dapatkan
Kenapa pola pikir penting? Pola pikir akan berpengaruh terhadap believe atau kepercayaan yang dia yakini (dalam hal ini bukan agama) walaupun nilai nilai agama juga dapat mempengaruhi believe seseorang. Kepercayaan seseorang terhadap sesuatu ini akan berpengaruh terhadap sikap seseorang. Contohnya kalau ada orang yang percaya bahwa makan nasi akan menjadi gemuk, maka dia akan mengurangi atau bahkan sama sekali tidak mau makan nasi. Sikap seseorang ini akan berpengaruh terhadap behaviour dan behaviour atau kebiasaan ini akan berpengaruh terhadap tindakan yang diambil oleh seseorang.

Jadi untuk memperbaiki tindakan seseorang yang perlu kita perbaiki adalah pola pikir seseorang itu, bagaimana kita dapat mengetahui pola pikir seseorang, kita harus pandai menggali dengan bercerita dan mendengarkan cerita-cerita dia. Biasanya di dalam cerita-cerita seseorang tersebut kita dapat mengetahui cara berpikirnya. Pada saat kita mengetahui cara berpikir yang tidak tepat, pada saat seseorang bercerita, sebaiknya tidak dipotong ceritanya, biarkan saja dia bercerita, kalau bisa suruh terus bercerita, sambil kita pelajari cara berpikirnya. Setelah kita tahu cara berpikirnya, maka secara perlahan kita dapat memperbaiki pola pikir tersebut dengan cerita lagi.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

05 Jul 2019 | 1647
26 Jun 2019 | 1411