rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Merangkul Perubahan

Waktu saya kecil, sering sekali keluarga saya ke Bandung untuk menikmati keindahan kota Bandung, pada saat itu Bandung udaranya sangat sejuk, dan saya ingat pada pagi hari biasanya memakai pakaian hangat. Bulan lalu saya ke Bandung bersama anak saya, saya mengenang pada saat saya masih kecil diajak ke Bandung. Hotel yang dahulu dianggap sebagai hotel yang cukup bagus sekarang masih ada dan menjadi hotel yang kelas melati.

Saya menyusuri jalan setiabudi yang dahulu merupakan perumahan yang cukup elit, sekarang sudah banyak hotel dan perkantoran, serta rumah makan, rumah-rumah dahulu masih ada yang tersisa, dan ada yang terkesan tidak dirawat, mungkin penghuninya sudah pindah. Perubahan terjadi setiap hari sedikit demi sedikit, dan akan terasa dampak perubahan pada saat waktunya panjang. Dan yang kita rasakan tiba-tiba sudah terjadi perubahan yang besar, tanpa kita sadari. Banyak yang merasa bahwa saat sekarang ini mereka menjadi yang nomor satu, atau menjadi leader di industrinya, atau bisa juga seseorang merasa dirinya paling hebat sekarang ini. Tetapi perubahan terjadi secara perlahan, disadari atau tidak disadari, apa yang dia ketahui apa yang dia banggakan sebagai kehebatannya, secara perlahan akan ada orang lain yang bisa menjadi lebih hebat, dan dia tidak tahu, tiba-tiba muncul ada seseorang yang lebih hebat dari dirinya. Sulit rasanya untuk mengakui kehebatan orang lain.

Hal ini juga akan terjadi pada perusahaan atau usaha, yang dahulu menjadi merk terkenal, atau rumah makan terkenal, mungkin sekarang ini tidak lagi menjadi rumah makan yang ternama, karena banyak rumah makan baru bermunculan. Saya ingat sekali waktu saya kecil sering diajak ke rumah makan Tung Kong, yang berganti nama dengan Tjahaja Kota, yang belum lama ini tutup. Rumah makan lain banyak yang bermunculan. Pertanyaan yang menarik adalah bagaimana caranya agar kita selalu dapat mengikuti perubahan yang terjadi, sehingga kita bisa ikut naik dengan perubahan tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus tahu apa yang menjadi pendorong dari perubahan tersebut.

Pendorong yang paling utama dalam perubahan di dalam kehidupan adalah teknologi, dengan adanya teknologi baru maka akan mematikan yang lain, dan muncul peluang peluang baru. Contoh yang terjadi perubahan dengan cepat adalah telegram, saya ingat sekali kalau ada berita yang sangat penting dan harus disampaikan segera kita menggunakan telegram, kemudian berkembang Telex, mesin ketik yang dapat mencetak jarak jauh. Apa yang akan dikirim, kita ketik dahulu, dan direkam menggunakan pita kertas yang berlubang, setelah isinya benar, maka kita putar nomor telex yang akan kita kirim, dan kita jalankan pita kertas tersebut, maka di mesin telex tujuan akan mengetik sesuai dengan yang telah kita ketik.

Setelah ditemukan printer, dan diciptakan mesin fax, surat yang akan dikirim discan, kemudian di tempat yang dituju akan mencetak hasil scan tadi. Dengan Fax ini akan lebih cepat dibandingkan telex, dan dapat mengirimkan gambar, sedangkan telex tidak dapat. Sekarang mesin fax pun tidak dapat digunakan lagi, sejalan dengan perkembangan internet, pengiriman surat dan berita menggunakan email, sedangkan untuk mengirim cerita singkat dapat menggunakan messaging seperti Whatsapp, telegram, dll. Sekarang anak-anak kita tidak tahu apa itu telex, dan telegram, mungkin fax juga sudah tidak tahu lagi. Perubahan itu terjadi karena adanya teknologi baru yang dapat diterapkan di kehidupan kita sehari hari. Bisnis yang dulu besar seperti penerbit encyclopedia, kamus dan peta sekarang sudah tidak ada lagi, semuanya sudah menggunakan smartphone.

Di Andal Software, kami selalu melihat dan mempelajari teknologi baru, apakah yang bisa dilakukan oleh teknologi baru ini untuk mempersingkat proses, sehingga akan mempermudah pekerjaan. Caranya menyelesaikan sesuatu akan berubah sejalan dengan perkembangan teknologi itu, tetapi permasalahan yang akan diselesaikan akan tetap sama. Seperti sekarang ini Andal Software sudah fokus di pembuatan software untuk mengelola Payroll, dari 30 tahun lalu pada saat Andal Software berdiri, cara menghitung gaji sama saja, cara menghitung pajak tergantung dari peraturan pemerintah tetapi caranya hampir sama. Yang berbeda adalah perkembangan teknologi yang digunakan. Sekarang ini kami sedang mempelajari banyak teknologi baru, yang dapat digunakan untuk mempersingkat proses bisnis perhitungan gaji, sehingga akan mempermudah cara menghitung gaji karyawan.

Pelajaran yang saya dapatkan
Perubahan akan terjadi setiap saat, kita harus merangkul perubahan tersebut. Orang yang merasa dirinya sudah hebat biasanya akan sulit untuk merangkul perkembangan teknologi baru. Pekerjaan yang akan diselesaikan dari tahun ke tahun tidak akan berubah, yang terjadi perubahan adalah caranya menyelesaikan, perubahan cara ini sejalan dengan perubahan teknologi yang memfasilitasi perubahan tersebut.

Saya suka sekali dengan kata-katanya Steve Job almarhum pada saat memberikan pidato wisudawan di salah satu universitas yang dia pernah kuliah, katanya “Stay foolish and Stay Hungry”, selalu merasa bodoh dan selalu merasa lapar untuk belajar. Orang yang merasa dirinya belum apa-apa akan selalu ingin belajar.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

26 Jun 2019 | 1239