rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Mencari Tujuan Hidup

Mencari Tujuan Hidup

Sering sekali saya mendengar teman saya bercerita bahwa bila manusia sudah di takdirkan untuk menjadi apa didalam hidup ini, tetapi kalau memang kita percaya dengan takdir, maka kita akan mencapai sesuai dengan takdir kita. Awalnya memang saya tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut, sangat sulit dan komplek untuk dijawab. Karena memang saya tidak bisa percaya dengan takdir dalam kehidupan, dalam hidup ini yang tidak bisa memilih hanya dua kejadian, pada saat kita lahir, artinya kita tidak bisa meminta lahir dari keluarga seperti apa, dan lahir dimana, semuanya sudah ditakdirkan. Kemudian pada saat kita meninggal, kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan meninggal, dan bagaimana nanti kita meninggal. Jadi saya percaya bahwa ke dua hal tersebut adalah takdir yang sudah tidak dapat diubah.

Setiap manusia mempunyai kemampuan yang sangat unik, antara yang satu tidak sama dengan yang lainnya, saya belum pernah melihat orang yang mempunyai kemampuan yang semuanya sama, mungkin ada yang sama di satu bidang, tetapi bidang-bidang lain yang dikuasai bisa berbeda. Kemampuan setiap orang dapat diasah dengan melakukan apa yang dianggap sebagai kemampuannya, misalkan seorang yang diberikan suara yang bagus, kalau tidak pernah dilatih untuk menyanyi maka waktu menyanyi hasilnya tidak bagus. Agar suara bisa menghasilkan nyanyian yang merdu maka suara tersebut harus dilatih terus menerus. Seseorang yang mempunyai jiwa dagang, tetapi kalau tidak pernah terjun ke dunia perdagangan, pasti jiwa dagang tersebut tidak akan tumbuh.

Walaupun seseorang punya jiwa dagang, pada saat dia menjalankan usaha dagang tidak serta merta dia akan menguasai ilmu dagangnya, dia harus menjalankan usaha dagang. Bisa jadi pada saat dia melakukan usaha dagangnya, maka dia akan mengalami banyak kesulitan. Biasanya kesulitan akan dialami pada saat seseorang tersebut berubah, kalau di pekerjaan ingin karirnya naik, sehingga dia akan bekerja keras, dan mengerjakan hal baru, dan kesulitan akan muncul. Bila seorang pedagang ingin mengembangkan usahanya, maka akan menghadapi kesulitan, karena dia akan melakukan pekerjaan yang belum pernah dikerjakan. Sesuatu hal yang baru pasti perlu belajar, dan dalam belajar bisa melakukan kesalahan.

Seandainya kalau kita bergerak maju, dan banyak tantangan yang akan kita hadapi, apa sebaiknya kita menerima saja keadaan sekarang? Kalau kita tidak bergerak memang terasa nyaman, tidak tantangan yang berarti, tetapi pada saat kita berhenti bergerak yang lainnya akan bergerak ada yang cepat ada yang lambat, tetapi bergerak. Artinya kita akan tertinggal, akibat dari tertinggal ini sangat tidak enak. Saya ada contoh yang benar saya alami.

Di tahun 60an saya tinggal di tempat kelahiran saya yang masih terbilang kampung. Pada saat itu belum banyak kendaraan bermotor, pada saat itu ada toko kelontong yang sangat ramai. Jam 5 pagi sudah buka dan yang akan berbelanja banyak sekali sudah menunggu di pelataran depan tokonya. Mulai tahun 80 an, mobil angkutan dari Jepang masuk ke Indonesia dan harganya relatif murah pada saat itu. Ada pedagang yang menggunakan mobil angkutan tersebut, dan membawa bermacam-macam barang belanjaan, dia keliling ke kampung kampung sekitarnya. Sehingga orang orang yang tadinya pergi untuk berbelanja di toko tersebut, tidak perlu lagi pergi untuk berbelanja, tetapi cukup menunggu di warungnya untuk berbelanja barang dagangannya. Lama kelamaan toko kelontong yang tadinya ramai semakin sepi, dan akhirnya pembelinya menjadi sedikit. Biaya untuk tidak berubah menyesuaikan keadaan yang selalu berubah menjadi mahal sekali, tokonya menjadi sepi pembeli.

Pelajaran yang saya dapatkan
Judul tulisan ini adalah mencari tujuan hidup, apakah tujuan hidup perlu dicari? Jawaban ya, mungkin pada awalnya kita bekerja atau menjalankan usaha apa saja yang dianggap paling bisa atau paling mudah pada saat awal. Kalau kita bekerja dengan tekun terus menerus, dan mempunyai keinginan menjadi lebih baik terus menerus, maka pada suatu saat akan menemukan jalannya menuju ke tujuan hidup yang benar benar diinginkan.

Tentunya pada saat berusaha untuk menjadi yang lebih baik, akan menghadapi banyak sekali tantangan, bagaimana kita menyikapi pada saat menghadapi tantangan menjadi penting. Sebenarnya tantangan yang kita hadapi mungkin sudah pernah dialami oleh orang lain, makanya membaca buku, dan berdiskusi dengan orang orang yang memang menguasai dibidangnya yang kita anggap perlu, menjadi sangat penting. Belajar dari pengalaman orang lain akan memperpendek waktu belajar kita.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

26 Jun 2019 | 1238