rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Antara Ambisi dan Grit

Antara Ambisi dan Grit

Pada saat saya memulai usaha, saya mulai mempelajari resep sukses. Apa sebenarnya yang membedakan seseorang yang berusaha berhasil dan yang lainnya tidak. Ada teman saya yang sudah mulai usaha dan pada saat usahanya jatuh, dia pasrah dan mengatakan bahwa memang sudah nasibnya. Saya juga melihat beberapa teman saya yang berhasil, kalau saya diskusi dengan yang berhasil saya sangat senang karena saya merasakan semangatnya yang tidak berhenti. Dari banyaknya bertemu dengan teman-teman saya itu, baik yang sukses maupun tidak, saya mengambil kesimpulan bahwa ambisi adalah salah satu faktor penyebab kesuksesan seseorang. Definisi orang yang berambisi menurut saya adalah orang yang mempunyai keinginan yang kuat untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi ambisi adalah ”keinginan (hasrat, nafsu) yang besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (seperti pangkat, kedudukan) atau melakukan sesuatu”

Suatu saat saya berbincang dengan teman saya yang telah mempunyai usaha cukup besar, dia mempunyai usaha dengan jumlah gerai yang cukup banyak, dan karyawannya diatas seribu. Entah topik apa yang kita bicarakan pada saat itu, tetapi yang saya ingat dia mengatakan bahwa “kalau cari orang jangan yang berambisi”. Mendengar ucapan dia, saya tidak percaya, tetapi seperti biasa saya tidak pernah mau membantah pendapat orang lain. Saya hanya bertanya saja mengapa seperti itu. Tetapi karena saya tidak sependapat dengan apa yang dia katakan maka saya tidak ingat lagi penjelasannya.

Beberapa waktu yang lalu saya ikut pelatihan selama satu minggu, dan pembawa pelatihan mengatakan bahwa pada saat merekrut anggota dibawah organisasi tidak boleh orang yang berambisi. Pada saat si pembawa pelatihan mengatakan kalimat tersebut, saya mulai merenungkan. Karena memang organisasi ini cukup besar dan sudah lama sekali, ada di seluruh dunia, tidak terlalu dikenal memang, tetapi karya-karya yang dihasilkan oleh organisasi ini dinikmati oleh banyak orang tanpa menampilkan organisasinya. Menurut saya ini keren, karena karya-karya yang dinikmati oleh orang lain, tetapi tanpa harus menonjolkan siapa dibelakangnya.

Setelah ikut pelatihan tersebut, saya mulai melakukan pencarian ulang, apa sebenarnya resep keberhasilan seseorang atau suatu organisasi. Saya teringat telah membaca buku yang berjudul Grit karangan Angela Duckworth, yang melakukan research orang-orang yang berhasil. Ternyata seseorang untuk berhasil di bidang apapun harus mempunyai GRIT. Arti dari GRIT sendiri adalah passion dan ketekunan dan berkeyakinan bahwa kegagalan dapat diatasi, mempunyai keinginan untuk menaklukan rintangan.

Teman saya yang saya ceritakan diatas, sudah pasti tidak mempunyai GRIT, karena pada saat dia jatuh dia tidak punya lagi semangat untuk bangkit. Angela Ducworth membuat test grit level, dan sudah diuji coba di banyak tempat. Seandainya teman saya tadi ditest grit levelnya, maka sudah pasti hasilnya akan rendah.

Pelajaran yang saya dapatkan
Setelah membaca buku GRIT, pertanyaan saya bisa dijawab di buku tersebut. saya berpendapat bahwa resep sukses salah satunya harus mempunyai ambisi, tetapi mengapa ada teman saya yang mempunyai ambisi yang tinggi tetapi gagal. Ternyata memang seseorang yang mempunyai ambisi tinggi, yang dia pikirkan adalah bagaimana dia dapat memperoleh apa yang dia inginkan. Banyak juga orang yang mempunyai ambisi tinggi tetapi tidak mempunyai kesabaran, hal ini yang dapat membuat seseorang jatuh.

Didalam buku grit seseorang yang tidak mempunyai IQ yang tinggi, tetapi kalau dia tekun, kemudian mempunyai gairah untuk selalu berjuang, tentunya harus mempunyai kesabaran, maka kesuksesan ada di tangan.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

10 Jan 2019 | 1496