rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Masalah Membawa Berkat

Masalah Membawa Berkat

Pada akhir tahun 80an, negara-negara Arab yang tergabung dalam OPEC melakukan embargo minyak ke Amerika, sehingga pada saat itu Amerika kesulitan bensin. Harga bensin melambung tinggi, dan beli bensin dibatasi. Padahal sebelumnya di Amerika bensin dianggap murah, sehingga mobil-mobil di Amerika mempunyai CC yang besar, dan boros bensin.

Dengan dilakukannya embargo bahan bakar, Amerika mulai membuat peraturan tentang mobil yang hemat bahan bakar dan mencari alternatif lain untuk membangkitkan energi tidak hanya dengan bensin saja. Sebetulnya embargo yang dilakukan oleh negara-negara yang tergabung dalam OPEC membuat Amerika melakukan research dan mencari jalan keluar untuk tidak tergantung pada minyak dari negara-negara OPEC.

Sekarang ini Amerika melakukan perang dagang dengan Cina, dengan menerapkan tarif import untuk barang-barang dari Cina, sehingga barang Cina menjadi mahal, diharapkan konsumsi barang-barang Cina di Amerika turun. Kemudian Amerika menaikkan suku bunga FED, sehingga banyak uang yang diinvest di luar negeri kembali ke Amerika, akibatnya nilai tukar dolar naik yang menyebabkan nilai mata uang negara-negara lain turun, dan di Indonesia terjadi juga.

Kemudian apa yang dilakukan oleh Cina adalah membuat perjanjian dengan negara-negara lain yang berdagang dengan Cina untuk menggunakan mata uang Yuan sebagai mata uang untuk transaksi, tidak lagi menggunakan US Dollar, hal ini diikuti oleh negara-negara lain di Asia, dan Indonesia juga sudah menerapkan penggunaan mata uang Rupiah dan mitra dagangnya di Asia. Sekarang ini sedang menggalakkan untuk tidak menggunakan Visa dan Master card, karena setiap penggunaan kartu Visa dan Master card, maka Amerika akan mendapatkan fee dari transaksi tersebut. Cina negara pertama yang menggunakan kartu kredit dari Cina, sekarang Singapura dan Malaysia juga sudah punya, Indonesia sudah memperkenalkan GPN walaupun belum luas pemakaiannya. Sehingga setiap transaksi yang menggunakan GPN tidak ada lagi uang yang lari ke Amerika. Diperkirakan Rakyat Indonesia menyetor sebesar $ 2 Milyar setiap tahun, dengan menggunakan Visa dan Master. Bila GPN sudah dapat menggantikan Visa dan Master, maka Indonesia dapat menghemat devisa sebesar $2 Milyar per tahun. Sekarang ini saya sudah mulai menggunakan kartu kredit lokal, kalau bisa mengurangi penggunaan kartu Visa dan Master.

Dalam dunia seperti sekarang ini dimana tidak ada negara yang mempunyai produk yang tidak ada substitusinya, maka negara tidak dapat melakukan proteksi seperti yang dilakukan oleh Amerika, apalagi jumlah pabrik yang memproduksi consumer good di Amerika sudah berkurang, banyak yang diproduksi di luar Amerika terutama di produksi ke Cina.

Manusia juga mengalami hal yang sama, banyak orang-orang yang susah pada saat masih muda, dan pada saat menanjak dewasa menjadi orang yang sukses. Karena orang-orang yang susah secara ekonomi, mereka harus berjuang untuk dapat hidup. Sifat berjuang ini yang membuat orang-orang tersebut menjadi tahan banting, dan selalu akan mencari cara untuk keluar dari masalahnya. Pada saat mereka bekerja atau berusaha, mereka sudah terbiasa dengan tantangan yang pernah dihadapi.

Orang-orang yang tidak tahan dengan tantangan yang ada biasanya orang yang suka mengeluh, kalau mendapat tantangan sedikit saja, sudah mengeluh. Dengan mengeluh, maka dia tidak akan belajar bagaimana menghadapi tantangan yang dihadapinya, dan kalau tidak bisa menghadapi tantangan tersebut maka tantangan itu akan datang terus menerus.

Orang-orang yang suka mencari alasan juga sulit untuk menghadapi tantangan, sehingga di kantor kalau ada orang baru, dan mulai mencari alasan didepan saya, maka saya akan mencari berbagai cara agar dia tidak memberikan alasan pada saya. Dan saya perhatikan pada saat dia berhenti untuk memberikan alasan, orang tersebut akan belajar dengan cepat. Orang yang mencari alasan tidak akan pernah belajar, karena makin lama makin pandai untuk mencari alasan untuk tidak melakukan.

Pelajaran yang saya dapatkan
Dalam kehidupan kita tidak pernah lepas dari tantangan, dan tantangan tersebut harus dihadapi dan diselesaikan. Kalau tidak kita akan mendapatkan tantangan-tantangan yang sama. Pada saat kita dapat menghadapi tantangan yang satu, maka kemampuan kita akan naik. Setelah dapat menyelesaikan satu tantangan kita akan mendapatkan tantangan baru lagi yang lebih lagi.

Tantangan sama halnya ujian kenaikan kelas di sekolah, karena kalau kita sudah lulus dapat menghadapi tantangan yang satu maka kita akan naik kelas sampai pada saatnya kita diuji lagi. Orang yang naik dengan cepat dia akan menghadapi lebih banyak tantangan.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

01 Feb 2019 | 1734
28 Mar 2019 | 1668
22 Feb 2019 | 1303