rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Refleksi Akhir tahun 2018

Refleksi Akhir tahun 2018

Setiap akhir tahun saya selalu melakukan refleksi didalam diri saya, pertanyaannya adalah apakah yang sudah saya perbuat di tahun 2018, apakah goal-goal yang saya buat di akhir tahun 2017 dapat tercapai di akhir tahun 2018 ini, apa yang bisa saya perbaiki lagi agar saya dapat mecapai goal-goal saya di tahun 2019. Apa goal saya di tahun 2019, apa saja yang perlu saya pelajari untuk dapat mencapai goal tersebut.

Didalam melakukan refleksi biasanya dimulai dengan pertanyaan, dan pertanyaan-pertanyaan diatas merupakan alat bantu untuk melakukan refleksi. Mengapa perlu melakukan refleksi? Hidup kita ini sangat singkat dan cepat, untuk dapat melakukan perbaikan harus mengetahui apa yang perlu diperbaiki. Didalam refleksi ini, kita dapat mengetahui kekurangan kita, kalau mengetahui kekurangannya pasti kita dapat melakukan perbaikan.

Tujuan refleksi adalah melakukan evaluasi terhadap diri kita, agar kita dapat menjadi lebih baik, dan lebih baik lagi. Itu sebabnya refleksi perlu dilakukan secara rutin di akhir tahun dan dapat juga setiap akhir bulan. Subyek dari refleksi adalah diri kita, bukan orang lain, sehingga pada saat refleksi semua pekerjaan atau ketidakmampuan kita tidak boleh dikaitkan ke orang lain.

Sebagai contoh, pada bulan tertentu saya melakukan puasa, pada saat puasa selain makanan, saya juga harus dapat mengendalikan diri, tidak boleh marah atau kesal terhadap orang lain. Sering sekali pada saat puasa, ada saja orang lain yang dapat membuat saya marah dan kesal, disini saya harus dapat menahan diri untuk tidak marah dan kesal. Kesal artinya juga marah tetapi tidak diucapkan dalam kata-kata. Dalam hal seperti ini saya tidak bisa mengatakan, saya tidak dapat memenuhi puasa saya karena ada orang lain yang mengganggu saya. Tetapi saya harus berpikir bagaimana caranya walaupun ada orang yang mengganggu saya, saya tetap tidak dapat terpancing untuk marah bahkan perasaan kesal pun saya tidak boleh.

Bisa juga terjadi misalnya, saya ingin meningkatkan sales di perusahaan, kemudian di akhir tahun ternyata salesnya tidak meningkat sesuai dengan target yang sudah ditetapkan. Saya tidak bisa mengatakan bahwa sales kita tidak mampu, customernya susah banyak yang menolak. Kalau saya berpikir bahwa saya tidak dapat melakukan sesuatu karena orang lain tidak mendukung, maka saya tidak akan bertumbuh atau tidak akan menjadi lebih baik.

Pertumbuhan terjadi kalau seandainya semua ada didalam kontrol diri kita, jadi kalau contoh diatas pada saat sales tidak tercapai, pertanyaannya adalah bagaimana saya dapat mencapai target tersebut di tahun depan? Kalau kita selalu berpikir bagaimana dapat melakukannya, maka kemampuan kita akan bertambah, karena kita akan melakukan eksplorasi hal hal baru didalam hidup ini.

Pada awal awal saya mulai melakukan refleksi pribadi saya beruntung mempunyai seorang mentor yang luar biasa, mentorku memperbaiki cara saya berpikir, untuk tidak menyalahkan orang lain, tidak boleh komplain dengan keadaan atau lingkungan. Setelah saya mulai lebih baik, baru saya diajarkan melakukan refleksi, yang saya lakukan pada saat itu adalah bulanan, dan setiap tahun saya disuruh melakukan refleksi selama satu tahun. Saya merasakan sekali, pada saat saya tidak menyalahkan orang lain, dan tidak komplain, hasil refleksinya jauh lebih baik, dan saya merasakan pertumbuhan dalam diri saya yang luar biasa.

Sekarang ini kalau saya ikuti media sosial, banyak sekali orang orang menyalahkan orang lain, dan komplain terhadap keadaan. Hal yang paling menyedihkan pada saat ada salah satu supporter bola yang meninggal karena dikeroyok oleh supporter lawan, perilaku seperti ini tidak akan membuat Indonesia menjadi negara yang maju. Pada saat terjadi pertandingan bola, bukan masalah harus menang, tetapi yang perlu dilakukan adalah refleksi kedalam diri sendiri, bagaimana caranya agar dapat menang? Teknik apa yang harus dilakukan agar dapat membawa bola ke gawang lawan? Perkataan harus menang menjadi suatu yang akan membuat orang orang menjadi kerdil, tidak bertumbuh. Karena pada saat kalah dia tidak akan menerima kekalahannya, sehingga tidak pernah mau belajar bagaimana caranya untuk menang.

Pelajaran yang saya dapatkan
Melakukan refleksi setiap akhir tahun akan sangat penting dalam menumbuhkan diri kita, menjadi orang yang lebih baik lagi. Didalam refleksi yang keluar adalah apa yang harus saya perbaiki didalam diri saya agar goal tahun depan dapat tercapai? Hasil refleksi tidak boleh negatif, berprasangka pada orang lain, menyalahkan orang lain, atau komplain, hasil refleksi yang negatif tidak akan meningkatkan diri kita. Dan akhirnya kita akan menjadi orang yang kerdil, orang yang tidak bertumbuh.

Didalam dunia global yang semakin transparan, akan sangat menghargai kemampuan seseorang. Orang yang mempunyai kemampuan yang tinggi akan mendapatkan kemakmuran, tidak heran sekarang ini banyak anak-anak muda yang umurnya dibawah 40, sudah dapat menjadi milioner. Tidak sedikit juga orang orang yang semakin susah, karena memang pola pikirnya yang tidak dapat berubah. Untuk melakukan perubahan harus dimulai dari mengubah cara berpikir, terutama anak-anak muda, dan untuk dapat mengubah pola pikir anak muda harus dimulai dari keluarga dan sekolah.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

28 Mar 2019 | 2141