rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Investasi yang Paling Berharga

Investasi yang Paling Berharga

Setiap kali mendengar kata investasi pasti di dalam pikiran kita membeli saham, menabung, membeli rumah. Semua yang berkaitan dengan uang yang ditanam dan akan menghasilkan sesuatu. Pertanyaannya adalah apakah yang disebut dengan investasi? Memang benar bahwa kata investasi menurut kamus besar Bahasa Indonesia artinya “Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan”. Arti dari investasi sudah berkembang lagi, tidak hanya melakukan investasi di perusahaan saja, melainkan apapun yang akan menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang disebut investasi.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana saya dapat berinvestasi kalau sekarang ini uangnya tidak cukup untuk melakukan investasi? Banyak orang yang bekerja keras tetapi hasil akhir kehidupannya tidak meningkat juga. Tetapi ada orang yang dimulai dari tidak mempunyai apa-apa, bisa menjadi orang yang termasuk dalam 50 orang terkaya di Indonesia. Apa yang membuat beda? Yang pasti cara berpikir orang yang menjadi kaya berbeda sekali dengan orang yang kehidupan ekonominya tidak naik secara mencolok.

Gaya hidup akan sangat mempengaruhi seseorang apakah dia dapat mengumpulkan kekayaan atau tidak. Seseorang yang gaya hidupnya ingin dipandang sukses dengan menunjukkan kemewahan akan sangat sulit mengatur keuangannya. Karena dia akan memprioritaskan penampilan dibandingkan dengan mempunyai tabungan. Kalau gajinya naik, maka gaya hidupnya akan lebih naik lagi. Sehingga tidak sedikit seseorang dengan jabatan makin tinggi dan gaji makin besar, hutangnya semakin banyak. Hidup sederhana dan mempunyai tabungan yang banyak lebih berharga dibandingkan dengan ingin dipuji orang dengan kesuksesannya tetapi sebetulnya semuanya itu semu.

Mencari sumber uangnya, tidak sama dengan mencari uang. Seperti orang memindahkan air dari suatu tempat ke tempat lain, kalau menggunakan ember yang kecil maka hasilnya akan kecil. Sebesar apapun tenaga yang dikeluarkan, tetap saja air yang dipindahkan tidak banyak. Caranya adalah dengan membawa ember yang lebih besar lagi. Melalui ember yang lebih besar, maka sekali jalan akan dapat memindahkan air dengan volume yang banyak.

Dimanakan kita dapat mencari sumber uang? Kalau saya sebagai pelukis, maka yang saya pikirkan adalah bagaimana caranya agar lukisan saya laku dengan harga yang mahal. Saya pernah melihat lukisan yang satunya berharga 1 milyar rupiah lebih. Saya juga pernah melihat lukisan yang harganya cuma 500 ribu rupiah, padahal sama-sama lukisan. Kemudian apa yang membuat beda? Faktor yang membuat lukisan berbeda adalah kemampuan untuk melukis, dan hatinya apakah ada di lukisan yang sedang dilukis? Untuk melatih kemampuan melukis hingga dapat membuat lukisan yang bernilai 1 milyar rupiah, tentunya diperlukan ketekunan dan kerja keras.

Sekarang ini banyak sekali yang menjadi Make Up Artist (MUA), dan saya juga melihat ada yang tarifnya di bawah 1 juta rupiah. Ada juga yang tarifnya puluhan juta sekali make up. Kemudian apa bedanya? Perbedaannya adalah kemampuan untuk melakukan make up, antara yang satu dan lainnya pasti berbeda kemampuannya. Seseorang yang menjadi MUA dan ingin dihargai mahal, tentunya harus berlatih dan belajar dari para ahli.

Di bidang apapun seseorang harus mengasah kemampuannya untuk menghasilkan karya yang terbaik, sehingga hasil yang didapatkan akan mempunyai nilai yang tinggi. Untuk dapat mengasah kemampuan ini diperlukan kerja keras, belajar, dan ketekunan. Di dalam mengasah kemampuan ini akan mengalami banyak sekali tantangan, yang akan menguji kita. Apakah kita dapat bertahan dalam ujian-ujian yang akan dihadapi? Yang terakhir perlu diperhatikan adalah tabungan kesehatan. Pada saat masih muda, badan kita tidak banyak keluhan. Setelah mencapai umur 40 biasanya mulai dirasakan adanya penyakit yang mulai timbul. Tetapi sekarang ini umur 30an juga sudah mulai banyak yang kena penyakit seperti diabet, darah tinggi dan sebagainya.

Badan manusia diciptakan untuk bergerak, sedangkan sekarang ini pekerjaan kita banyak duduk. Olahraga menjadi sangat penting untuk menabung kesehatan di masa yang akan datang. Saya seringkali mengingatkan anak-anak muda untuk berolahraga, biasanya disepelekan atau diabaikan. Dikarenakan mereka menganggap olahraga tidak penting, tanpa olahragapun badan sudah sehat. Tanpa disadari penurunan daya tahan tubuh tidak seketika, tetapi perlahan-lahan. Sehingga badan kita tidak merasakan penurunan daya tahan tubuh, kita akan merasakan setelah sering terkena penyakit. Saat itulah sudah terlambat, sulit untuk meningkatkannya lagi. Akhirnya hasil tabungan yang didapatkan akan digunakan ke dokter dan rumah sakit.

Pelajaran Yang Didapatkan
Di setiap ada Andalers baru, saya tidak pernah bosan untuk mengajarkan mereka menabung secara rutin. Saya juga mengajarkan untuk hidup sederhana, sehingga kita tidak tergoda dengan banyak hal untuk mengeluarkan uang dengan mudah. Dari pada uang digunakan untuk beli smartphone model terbaru. Lebih baik digunakan untuk membeli buku, karena buku dapat mengubah cara berpikir kita untuk memperbesar ember yang kita gunakan untuk memindahkan air. Meningkatkan pengetahuan dan skill dengan cara berlatih, mengerjakan hal-hal yang lebih komplek dalam pekerjaan, membaca buku teknis maupun pengembangan diri menjadi penting. Ini semua akan membuat nilai seseorang waktu bekerja akan menjadi naik.

Saya menanamkan di Andal, kalau bekerja harus menghasilkan karya yang terbaik. Melalui karya yang terbaik, maka hasil karya tersebut akan mempunyai nilai yang tinggi. Tentunya untuk menghasilkan karya yang terbaik mempunyai tantangan yang lebih besar. Ketika karya tersebut selesai, kita semua akan puas dan bangga dengan hasil karya kita. Janganlah puas dengan hasil yang kita buat, selalu harus mempunyai dorongan untuk menghasilkan karya yang lebih baik. Dengan demikian kemampuan kita akan diasah terus-menerus menjadi tajam.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

10 Jan 2019 | 1708
01 Feb 2019 | 1430