rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

The Role of Vision in the Company

The Role of Vision in the Company

Seberapa penting peranan vision di dalam perusahaan, terutama perusahaan dengan jumlah karyawan yang sudah cukup banyak. Saya pernah membaca buku yang berjudul “Essentialism” yang ditulis oleh Greg McKeown, Essentialist digambarkan lingkaran yang terbuat dari benang dan teratur, sedangkan nonessentialist digambarkan sebagai benang kusut. Bila sebagian besar karyawan di dalam perusahaan tahu persis vision dari perusahaan dan mereka mempunyai rasa tanggung jawab untuk mengejar vision perusahaan, maka perusahaan tersebut bisa seperti anak panah yang melesat dengan cepat. Karena semuanya fokus ke satu titik.

Sehingga Vision di dalam suatu perusahaan menjadi sangat penting, dan vision ini bukan hanya sekedar ada atau dimiliki oleh perusahaan yang dapat dihafalkan oleh semua karyawannya, melainkan semua karyawan harus mengerti dengan jelas visi perusahaan tempatnya bekerja. Sebelum mempunyai visi, tentunya perusahaan harus mempunyai misi yang kuat, karena misi merupakan alasan kenapa perusahaan tersebut ada. Visi perusahaan harus diturunkan dari misi suatu perusahaan, visi harus sejalan dengan misi perusahaan.

Andal Software mempunyai misi “Helping Others Grow”, kita selalu memikirkan bagaimana dapat membantu para andalers agar selalu dapat bertumbuh, disamping Andalers, kami juga memikirkan customers, partners, vendors dan masyarakat. Belum lama ini Andal Software mengubah visinya menjadi “tools to manage people” kita akan fokus pada tools untuk dapat mengelola orang, dengan kita membuat tools untuk mengelola orang, maka diharapkan dengan tools tersebut kita dapat membantu setiap orang untuk dapat bertumbuh.

Apa yang akan menjadi beda dengan perubahan visi? Tentunya pada saat membuat produk-produk yang akan datang kita akan fokus pada bagaimana kita dapat menggunakan produk Andal Software untuk mengelola karyawan. Perubahan visi ini dikomunikasikan ke seluruh Andalers, agar mereka tahu apa yang harus mereka kejar. Walaupun sudah dikomunikasikan masih ada saja yang belum mengerti maksud atau arti dari visi tersebut. Tugas para manager untuk dapat menyelaraskan pekerjaan dengan visi yang telah dicanangkan.

Yang menarik sebenarnya, pada saat ada andalers yang tidak dapat memberikan hasil pekerjaan sesuai dengan standar yang telah ditentukan apa yang harus dilakukan? Tentunya tahap pertama adalah harus dilakukan coaching, kemudian perlu digali faktor apa saja yang menyebabkan orang tersebut tidak dapat memberikan hasil pekerjaan yang diharapkan. Bisa saja karena mereka kurang pengetahuannya, kalau ini yang terjadi maka perlu diberikan bimbingan, tetapi ada juga yang kemampuannya memang tidak sesuai dengan pekerjaan yang diberikan. Kalau ini terjadi bisa juga dipindahkan ke departemen yang sesuai dengan kemampuannya, atau kalau tidak ada departemen yang cocok dengan kemampuannya, maka kami menyarankan untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan kemampuannya.

Karena kalau dipaksa bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan kemampuannya, kasihan juga dia, karena tidak akan berkembang, mungkin kalau ditempat lain yang cocok dengan kemampuan dia, dia akan dapat menunjukkan hasil yang gemilang. Menyarankan seseorang untuk mencari tempat kerja lain, bukanlah tidak sesuai dengan misi Andal, helping others grow, hal ini dilakukan karena kami ingin semua orang yang ada di Andal Software bertumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi dirinya, jadi tidak selalu harus di Andal Software.

Dengan mempunyai team yang dapat memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan, dan mereka tahu apa yang harus dikejar (visi perusahaan) maka laju perusahaan akan cepat sekali. Bila seseorang bekerja dan menghasilkan suatu karya yang dapat dibanggakan, maka orang tersebut akan mempunyai kebanggaan tersendiri, dan hasil karyanya pasti akan bagus.

Pelajaran yang saya dapatkan
Visi dan misi di dalam perusahaan menjadi sangat penting, maka pada saat membuat visi dan misi, tidak hanya terlihat bagus saja, tetapi harus dapat dirasakan didalam perusahaan tersebut. Bila visi dan misi sudah menjadi DNA semua karyawan didalam perusahaan tersebut, maka arah perusahaan akan menjadi tajam, seperti busur panah, karena setiap orang akan bekerja selaras dengan arah yang akan dicapai bersama.

Kerjasama team juga akan dengan sendirinya menjadi baik, mereka bisa saling membantu dan menyelesaikan masalah yang dihadapi bersama.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

28 Mar 2019 | 2140