rss

Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Pelajaran dari Hutan Pohon Redwood

Pelajaran dari Hutan Pohon Redwood

Pada saat berjalan di hutan Redwood di daerah California. Seorang ranger menjelaskan bahwa umur pohon redwood ada yang ratusan tahun bahkan ribuan tahun. Akar dari pohon tersebut tidaklah dalam. Pertanyaannya pohon yang besar dan sudah hidup ratusan dan ribuan tahun masih bisa bertahan walaupun diterpa angin kencang dan badai?. Ternyata setelah diselidiki akar pohon redwood ini adalah melebar. Saat suatu akar bertemu dengan akar dari pohon redwood yang lainnya, dia akan membuat suatu simpul dan menjadi satu. Sehingga seluruh pohon redwood yang ada di hutan tersebut akan saling terhubung, baik langsung dan tidak langsung.

Bila ada pohon redwood yang masih baru, dia akan ada di bawah naungan pohon redwood yang lebih besar. Setelah akarnya bertemu dengan akar pohon redwood yang lainnya, maka akar tersebut akan saling menyatu. Pohon redwood yang bersatu padu dan saling memelihara satu sama lain. Ketika ada badai maka pohon-pohon redwood di hutan tersebut dapat bertahan ratusan bahkan ribuan tahun. Bahkan sangat kuat saat ada badai karena tidak dapat merobohkan pohon redwood.

Dari cerita di atas, saya masih teringat dengan pencapaian Indonesia di Asian Games 2018 kemarin. Selama Asian Games, Indonesia tidak pernah menduduki posisi 10 besar. Saya sampai merinding melihat penutupan Asian Games 2018 kemarin. Indonesia bisa loncat begitu jauh menjadi peringkat ke 4, dan peringkat 5-nya memperoleh jumlah medali emas yang jauh sekali. Sebelum Asian Games berlangsung, memang saya sudah merasakan semangat rakyat Indonesia untuk menyambut Asian Games 2018. Saya melihat bangsa Indonesia bersatu dalam memperjuangkan kemenangan di Asian Games. Para atlet ditargetkan untuk mendapatkan paling tidak 10 medali emas. Melalui adanya persatuan dan saling memelihara maka kita akan menjadi kuat.

Pelajaran Yang Didapatkan
Indonesia mempunyai dasar negara yang sangat bagus. Kalau semua rakyat Indonesia mau menghayati dasar negara kita dan mengamalkannya maka negara kita menjadi lebih kuat. Di bawah kaki burung garuda pada lambang Pancasila terdapat tulisan Bhineka Tunggal Ika. Para pendiri negara Indonesia ini tahu persis bahwa di Indonesia mempunyai bermacam suku, ras dan agama. Kalau kita bersatu akan menjadi negara yang kuat, seperti digambarkan oleh pujangga di jaman dahulu bahwa “Nusantara akan menjadi negara yang gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kerto raharjo”. Yang mempunyai arti, nusantara yang sangat subur dan makmur, serta tertata, damai, dan berkecukupan semuanya.

Dari pelajaran di atas, saya selalu berpikir bagaimana bila perusahaan dibangun dengan orang-orang yang ada di dalamnya dapat bersatu, saling membantu untuk mencapai satu tujuan?. Pasti perusahaan itu akan menjadi perusahaan yang besar. Di All member meeting (Nama meeting yang diadakan setiap hari senin pada minggu pertama di setiap bulan). Kemarin, saya meminta semua Andalers menulis artikel yang terinspirasi dari dalam hati mereka. Temanya “Mengapa Andalers senang bekerja di Andal?”. Sudah ada beberapa artikel yang dikirim ke saya. Setelah saya membaca tulisan tersebut saya menjadi bangga, senang, dan terharu membaca tulisan-tulisan tersebut.

Ternyata Andalers merasakan persatuan di Andal Software yang begitu erat, kita tidak membedakan suku, ras maupun agama. Kita semua sama, dan mempunyai hak yang sama. Ini memang terbukti dengan perkembangan Andal Software yang sekarang ini jumlah karyawannya mencapai 60 orang, sedangkan 3 tahun yang lalu jumlah karyawan Andal hanya 40 orang. Di samping jumlah karyawan, perkembangan bisnisnya juga sangat menyenangkan. Suatu saat nanti saya akan terbitkan tulisan Andaler di website Andal Software, sehingga banyak orang yang dapat membaca sharing pengalaman para Andalers. Semoga tulisan tersebut nantinya dapat memberikan inspirasi ke banyak orang.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

12 Oct 2018 | 1107