rss

Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Nilai Kita Sangat Tergantung Pada Lingkungan

Nilai Kita Sangat Tergantung Pada Lingkungan

Seorang Ayah menyuruh Anaknya membawa batu yang dimilikinya dan meminta Anaknya untuk membawa batu itu ke pasar. Ayahnya mengatakan “Bila ada orang yang menginginkan batu tersebut kemudian ditanya berapa harganya, kamu jangan berkata apa-apa tetapi tunjukkan saja kedua jarimu”. Maka dibawalah batu tersebut ke pasar lalu ada seorang Ibu menghampiri anak tersebut menanyakan berapa harga batu tersebut. Si Anak tidak berkata apa-apa tetapi hanya menunjukkan kedua jarinya saja. Kemudian Si Ibu mengambil uang 2,000 rupiah dan memberikannya kepada Si Anak.

Anak tersebut pulang ke rumah mengatakan pada Ayahnya bahwa ada seorang Ibu yang memberinya uang 2,000 rupiah untuk batunya. Kemudian Si Ayah menyuruhnya membawa batu lainnya, serta meminta Anaknya pergi ke museum untuk melakukan hal yang sama. “Bila ada seorang yang menginginkan batu tersebut, jangan berkata apa-apa tetapi tunjukkan saja kedua jarimu”. Si Anak pergi ke museum, namun tidak berapa lama ada seorang turis yang melihat-lihat batu tersebut. Kemudian bertanya “Berapa harga batu tersebut?”. Si Anak menunjukkan kedua jarinya, dan Si Turis tersebut memberikan uang 200,000 rupiah sambil mengatakan bahwa “Batu tersebut sudah cukup tua umurnya dan jarang ditemukan”.

Untuk ketiga kalinya Si Ayah menyuruh lagi Si Anak membawa batu. Kali ini disuruh pergi ke toko penjual diamond untuk melakukan hal yang sama. “Bila ada seorang yang menginginkan batu tersebut, jangan berkata apa-apa tetapi tunjukkan saja kedua jarimu”. Setelah sampai di toko diamond, ada seseorang yang menghampirinya. Ia bertanya berapa harga batu tersebut kemudian Si Anak menunjukkan kedua jarinya. Orang tersebut memberikan uang sebanyak 2,000,000 rupiah kepada Si Anak, sambil mengatakan bahwa “Batu tersebut sudah cukup tua umurnya dan jarang ditemukan”.

Setelah pulang ke rumah menemui Ayahnya dan menceritakan bahwa ada orang yang memberi uang 2,000,000 rupiah. Si Ayah mengatakan pada Anaknya bahwa harga batu yang sama dengan tempat yang berbeda maka orang akan menilai berbeda. Si Ayah memberikan nasehat pada Anaknya bahwa setiap orang mempunyai diamond di dalam dirinya. Diamond tersebut akan nampak bernilai tergantung di mana tempat diamond tersebut berada. Pada saat Si Anak membawa diamond tersebut ke pasar maka diamond tersebut dianggap batu yang dapat digunakan untuk mengganjal pintu, nilainya sangat rendah sekali. Pada saat diamond tersebut dibawa ke tempat yang tepat yaitu toko diamond maka nilai batu tersebut menjadi tinggi.

Pelajaran Yang Didapatkan
Dari cerita tersebut di atas, saya belajar bahwa setiap orang mempunyai potensi yang ada di dalam dirinya. Pertanyaannya adalah bagaimana menggali potensi yang ada di dalam diri seseorang. Kalau seandainya kita dapat menggali potensi yang ada di dalam diri seseorang maka saya akan mendapatkan banyak sekali diamond. Atas dasar kepercayaan tersebut maka di Andal Software mempunyai misi “Helping Others Grow”. Bagaimana Andal Software dapat menumbuhkan orang-orang yang ada di dalam Andal Software, agar potensi di dalam diri mereka dapat bertumbuh dan menghasilkan karya-karya yang sangat bagus.

Tentunya kami harus membangun kultur perusahaan yang dapat membuat potensi di dalam diri Andalers (orang-orang yang ada di Andal Software disebut sebagai Andalers) akan keluar. Di All Member meeting (Meeting setiap bulan yang diselenggarakan pada hari Senin pertama setiap bulan untuk seluruh karyawan Andal Software). Bulan Agustus ini, kami mengadakan permainan dimana seluruh Andalers dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok seolah-olah sebagai perusahaan yang membuat tumbler, lalu setiap kelompok tersebut harus memikirkan bagaimana produksi tumblernya, memasarkan dan memberikan support kepada customer.

Dari game tersebut, saya dapat melihat bakat-bakat setiap orang yang berbeda, dan banyak hal yang saya tidak menyangka kemampuan Andalers keluar semua di dalam game tersebut. Game yang dilakukan di All Member Meeting bulan Agustus ini memberikan kesan tersendiri. Suatu pengalaman yang tidak mudah dilupakan. Setelah melakukan evaluasi dari tim juri (Saya pilih dari beberapa Manager yang ada untuk menjadi juri). Maka kami memutuskan untuk mengadakan game tersebut setiap diadakan All Member Meeting, dan akan diperbaiki lagi pada bulan-bulan depan. Diharapkan dari game tersebut bakat-bakat yang terpendam dari Andalers dapat digali keluar.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest