rss

Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Cara Cepat Menjadi Kaya

Cara Cepat Menjadi Kaya

Di dalam dunia modern ini saya melihat kesabaran semakin mahal harganya, karena semua dihitung dengan seberapa cepat. Cara cepat menjadi sesuatu yang sangat bernilai, sebagai bukti sekarang ini banyak makanan seperti mie instan, bubur instan, susu instan. Produk-produk yang memiliki label instan memang hanya memerlukan waktu yang singkat bisa dimakan. Kemudian cara instan ini juga digunakan untuk memiliki barang. Dengan uang muka yang sangat rendah orang dapat membeli mobil, sepeda motor dan barang-barang rumah tangga lainnya.

Saya juga sering mendengar Ibu rumah tangga atau para profesional yang bekerja membeli barang karena harga barang didiskon. Begitu mendengar kata diskon maka langsung saja toko itu menjadi ramai, maka para toko retail mengerti benar sifat ini. Jadi mereka sering sekali mengadakan midnite sales, dan memang benar diskonnya bisa mencapai 50%. Dianggap sesuatu yang sangat murah. Apa yang saya pelajari dengan perilaku consumer seperti ini, mungkin mereka tidak terlalu perlu untuk membeli fashion yang sedang diskon besar tersebut.

Maka saya sering bertanya apakah motif mereka menyerbu toko yang mengadakan midnite sales tersebut? Ternyata pendorongnya adalah harga murah barang bermerk dan kalau dipakai kelihatan seperti orang kelas atas. Jadi faktor pendorong utamanya adalah mereka ingin sekali dilihat sebagai orang sukses. (Maaf tulisan saya ini tidak bermaksud untuk mengkritik mereka yang suka berburu midnite sales. Saya hanya ingin mengulas faktor pendorong untuk berbelanja di malam hari karena ada diskon yang besar).

Saya juga perhatikan karyawan di banyak pabrik, mereka banyak sekali yang ditawari barang-barang dengan metode cicilan. Perhitungan yang dilakukan adalah bukan berapa besar bunga yang harus dibayar, melainkan berapa besar cicilan yang harus saya bayar setiap bulan? Selama saya mampu membayar cicilannya maka saya akan mengambil barang tersebut. Akhirnya karyawan tersebut akan terbelit hutang yang cukup besar dan mempersulit kehidupannya.

Pelajaran Yang Saya Dapatkan
Banyak orang yang ingin dirinya dianggap sukses dan kaya secara instan. Ukuran kekayaan yang ada di dalam pikirannya adalah memiliki barang-barang yang mewah atau kendaraan. Ukuran kekayaan seperti ini akan menjerumuskan di dalam kehidupan kita. Karena kita akan dikejar-kejar terus untuk mendapatkan uang kemudian uang tersebut digunakan untuk membelanjakan barang yang dapat membantu untuk terlihat menjadi orang kaya atau sukses.

Saya belajar dari beberapa orang yang saya anggap sukses dalam memiliki keuangan. Rata-rata dari mereka hidup sangat sederhana bila dibandingkan dengan jumlah uang yang mereka miliki. Mereka selalu mengatakan bahwa ukuran kekayaan adalah berapa banyak uang yang dapat saya tabung setiap bulannya. Seseorang untuk dapat menabung tidak harus mempunyai penghasilan yang besar. Tabungan sekecil apapun yang dapat disisihkan dari gajinya pasti akan dapat meningkatkan jumlah tabungan yang dimilikinya.

Seiring dengan berjalannya waktu maka jumlah tabungan itu akan semakin besar, dan lama-kelamaan bunga yang didapat dari tabungannya dapat membiayai hidupnya. Kalau jumlah bunga yang dihasilkan dari tabungan sudah dapat membiayai hidup maka akan terjadi kemakmuran. Karena berapapun penghasilan yang didapat, akan menambah jumlah tabungan dan sekaligus akan meningkatkan jumlah bunga yang akan didapatkan. Tetapi kalau uang yang didapatkan selalu digunakan untuk membeli barang-barang yang seharusnya tidak diperlukan. Itu hanya digunakan untuk memperlihatkan bahwa dirinya adalah orang sukses. Maka dia tidak akan pernah mempunyai tabungan.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

29 Jun 2018 | 725
11 Jun 2018 | 610