rss

Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Hitung-hitungan Waktu Hasilnya Akan Dihitung Juga

Hitung-hitungan Waktu Hasilnya Akan Dihitung Juga

Pada suatu saat saya menjumpai seorang karyawan yang selalu menghitung waktu dia bekerja. Kalau waktu bekerja di kantor ditentukan jam 8.00 – 17.00, dia akan menepati waktu kerja tersebut. Dan kalau terlambatpun dia akan pulang jam 17.00, tidak perduli apakah pekerjaan yang dilakukan selesai atau tidak. Karena karyawan tersebut berpikir bahwa dia bekerja dan dibayar dari jam 8.00 – 17.00. Apakah karyawan tersebut salah? Tidak juga karena dia sudah menepati perjanjiannya dengan kantor, bahwa bekerja dari jam 8.00 – 17.00. Karena cara berpikirnya adalah tidak mau memberikan yang lebih pada orang lain. Maka waktu bekerjapun dia ukur dengan waktu yang telah ditetapkan.

Terlepas di dalam pekerjaan yang dilakukan selesai atau tidak, atau pekerjaan yang dikerjakannya akan membuat perusahaan menjadi berkembang atau tidak. Dia bekerja hanya memenuhi waktu kerjanya saja, dan bisa jadi di tempat kerja bermain game, WA dan sebagainya. Apa yang terjadi sebenarnya di dalam diri karyawan tersebut? Secara skill pasti dia tidak akan bertambah banyak, karena setiap mengerjakan pekerjaan pikirannya adalah ini hanya sebatas tugas saja. Kalau pekerjaan yang diberikan terasa berat dia akan mengeluh. Dia tidak berusaha untuk mencari tahu bagaimana menyelesaikan pekerjaan. Jadi selama dia bekerja tidak ada peningkatan skill, masalahnya pada saat karyawan tersebut akan berpindah ke pekerjaan lain, pasti akan mengalami kesulitan.

Pada saat saya mau menjual mobil, pasti saya akan membersihkan mobil tersebut, kemudian dibawa ke bengkel agar mesinnya terlihat bagus. Dengan harapan pada saat saya menjual mobil tersebut mendapatkan harga yang bagus. Sama halnya pada saat seseorang mencari pekerjaan, yang mempunyai pekerjaan pasti akan melihat kemampuan orang yang akan melamar pekerjaan tersebut. Kalau saat bekerja di tempat sebelumnya, skillnya tidak bertambah karena bekerjanya asal-asalan. Maka calon karyawan tersebut tidak mempunyai skill yang bernilai.

Seandainya pada saat karyawan bekerja dia menghasilkan pekerjaan-pekerjaan yang sangat bermanfaat untuk perusahaannya, secara pasti karyawan tersebut akan mempunyai skill yang dapat dijual lebih tinggi lagi. Peningkatan skill yang dimiliki oleh karyawan pada saat dia bekerja merupakan modal pribadi yang dapat digunakan di kemudian hari. Maka seringkali saya memberikan masukan pada teman yang bekerja, terutama yang masih muda. Pada saat bekerja jangan dilihat berapa yang dia dapatkan, tetapi lihatlah berapa banyak ilmu yang dapat dipelajari untuk bekal di kemudian hari. Dan janganlah senang kalau mendapatkan pekerjaan yang mudah dan bergaji besar, karena lama-kelamaan modal yang dimiliki untuk dijual kembali menjadi lebih kecil.

Pelajaran Yang Saya Dapatkan
Kalau pada saat kita bekerja, dan mulai berhitung dengan waktu, artinya pada saat saya bekerja tidak tulus untuk memberikan yang terbaik dalam diri kita. Saat kita tidak memberikan yang terbaik dalam diri kita, maka kita tidak akan mendapatkan skill dan pengalaman yang berarti pada saat bekerja. Setelah sepuluh tahun bekerja pun kita tidak akan mendapatkan apa-apa, walaupun mungkin dari sisi uang akan mendapatkan banyak. Tetapi uang tersebut bukanlah modal yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha lainnya. Karena modal utama dalam kita mengembangkan usaha adalah kemampuan kita.

Pada saat kita bekerja tanpa pamrih, kita akan bekerja dengan seluruh kemampuan yang ada. Dengan demikian maka skill kita akan diasah, semakin banyak tantangan yang dihadapi maka semakin terampil. Karena dengan tantangan yang ada, maka kita akan belajar bagaimana caranya menghadapi tantangan, semakin bisa menghadapi tantangan, maka skill kita akan makin naik.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

06 Apr 2018 | 862