rss

Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Pengharapan Salah Satu Faktor Motivasi Mencapai Kesuksesan

Pengharapan Salah Satu Faktor Motivasi Mencapai Kesuksesan

Pertanyaan yang sering timbul dalam diri saya adalah, mengapa ada sebagian orang yang dapat berprestasi di dalam keadaan seperti apapun juga. Tetapi ada juga orang yang pasrah tidak mempunyai semangat. Apa yang membuat perbedaan tersebut di atas? Sudah menjadi kebiasaan saya kalau saya punya pertanyaan yang tidak dapat terjawab, saya akan mencari cara untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Cara yang saya tempuh biasanya saya mulai bertemu dengan teman-teman baru atau berkenalan dengan orang baru. Dari berkenalan tersebut saya dapat bertanya banyak, lalu menggali apa yang mereka pikirkan dan bagaimana mereka bertindak.

Dari hasil perbincangan saya mendapatkan kesan bahwa orang-orang yang tidak mempunyai semangat adalah mereka yang menganggap bahwa sekelilingnya tidak mendukung agar dia dapat mewujudkan apa yang diinginkan. Alasannya biasanya keadaan politik yang kurang baik, ekonomi yang lesu, semua lingkungannya dianggap salah sehingga mereka tidak dapat berbuat banyak. Dari sisi lain, teman-teman yang selalu mengejar apa yang mereka harapkan. Kalau saya tanya, bukankah pada saat kamu mengejar apa yang kamu impikan itu akan terkendala dengan adanya situasi politik yang kurang baik? Rata-rata dari mereka akan menjawab “Dengan keadaan politik yang kurang baik, sebetulnya lebih banyak peluang yang bisa kita lakukan karena banyak orang yang ketakutan”.

Salah satu teman saya ini menjual CCTV, mengatakan dalam keadaan tidak aman maka saya bisa menjual lebih banyak CCTV. Tetapi kalau keadaan aman dan tenteram, saya pikir tidak banyak orang yang mau membeli CCTV. Ada lagi yang mengatakan bahwa dalam keadaan seperti sekarang ini barang import dibataskan sehingga barang-barang modal juga susah masuk. Teman saya yang memproduksi di dalam negeri mengatakan, ini adalah kesempatan produk lokal dapat menguasai pasar dalam negeri. Bagi mereka yang mempunyai semangat yang tinggi, tidak melihat lagi faktor penghambat dalam melakukan usahanya, atau di dalam mencapai impiannya. Mereka selalu melihat peluangnya dan faktor yang paling dominan adalah pengharapan. Seseorang yang selalu mempunyai pengharapan akan melihat sesuatu dengan jelas dan mempunyai semangat untuk mengejarnya.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana seseorang dapat mempunyai pengharapan yang tinggi? Kalau saya perhatikan teman-teman yang mempunyai semangat tadi, mereka selalu berpikir positif, tidak ada pemikiran negatif yang keluar dalam pembicaraannya. Dan karena kata-kata yang keluar selalu positif perbincangan dengan teman-teman seperti ini, saya menjadi tertular semangatnya. Berbeda pada saat saya bertemu dengan teman yang tidak punya pengharapan mereka selalu mengeluh dan apa saja dapat dijadikan faktor penghambat untuk mereka mewujudkan impiannya. Saya yang mendengarkan cerita mereka, merasa capai sekali, seolah-olah energi saya habis terkuras. Biasanya saya tidak dapat bertahan lama berbicara dengan teman yang seperti ini.

Pelajaran Yang Saya Dapatkan
Saya pernah mengalami tidak mempunyai pengharapan sama sekali, pada saat usaha saya jatuh beberapa tahun yang lalu. Saat itu saya sudah merasa bahwa usaha yang telah lama saya bangun tidak ada harapan lagi untuk bangkit. Sampai pada suatu saat saya bertemu dengan teman saya, dan saya ceritakan semuanya apa yang terjadi dengan usaha saya, teman saya memberikan pandangan sebaiknya usaha saya ini jangan ditutup. Jalankan saja semampu saya, dan dia mengatakan saya pasti bisa melakukan. Kata-kata “Saya pasti bisa melakukannya” adalah suatu pengharapan yang diberikan kepada saya. Dengan kata tersebut saya sering flashback apa saja yang bisa saya raih selama ini, dan ternyata memang banyak prestasi yang saya raih selama ini. Dari flashback tersebut saya mulai mendapatkan kekuatan dan saya mulai bekerja lagi secara perlahan, hingga mempunyai harapan yang lebih besar lagi.

Setelah saya mendapatkan harapan yang besar, saya dapat bekerja secara maksimal. Saya juga mulai belajar bagaimana cara berpikir positif di setiap kejadian yang dialami. Hasilnya memang sangat menakjubkan. Jadi resep kesuksesan menurut saya adalah harus mempunyai pengharapan, belajar berpikir positif dan terakhir karena kesuksesan tidak dapat dilakukan sendiri, membentuk team menjadi penting. Team juga semuanya manusia, kita harus mempunyai rasa kasih terhadap sesama team. Tanpa kasih kita tidak dapat membentuk team yang kuat.

penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

 
 
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

12 Oct 2018 | 1107