rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Karyawan Bergaji Murah

Karyawan Bergaji Murah

Pada suatu saat saya berbincang dengan teman yang mempunyai perusahaan di bidang distribusi, kemudian topiknya bergeser tentang karyawan, karena memang menarik untuk dibahas. Dia mengatakan bahwa sekarang mencari karyawan yang baik agak sulit, kemudian saya bertanya menurutmu karyawan yang baik itu bagaimana ?, Dia menjawab bahwa karyawan yang baik adalah yang bisa mengerjakan banyak pekerjaan. Sehingga dengan menggaji satu karyawan dapat mengerjakan pekerjaan beberapa karyawan dan jadi perhitungannya lebih murah.

Dalam hati saya tertawa, tetapi saya tidak bisa mengatakan sepatah katapun, karena kalau saya kemukakan cara saya berpikir, pasti akan hampir terjadi perdebatan. Dan menurut saya tidak ada gunanya berdebat.

Pada saat Andal Software baru berdiri, dimana sistem belum ada, semua pekerjaan dikerjakan oleh beberapa orang. Saya mempunyai orang yang sangat bagus menurut saya pada saat itu, karena dia dapat mengerjakan hampir semua pekerjaan, dan memang sangat membantu saya, karena saya bisa fokus di marketing dan pembuatan software saja. Semua urusan administrasi, penggajian dan penagihan dilakukan sama sekretaris saya ini. Setelah beberapa tahun bekerja, dia ditawarkan pekerjaan di perusahaan yang jauh lebih besar dari Andal Software pada saat itu. Pada saat dia pindah ke perusahaan lain, saya merasa kehilangan karena saya akan kesulitan mencari gantinya.  Waktu satu bulan tidak cukup untuk saya mempelajari bagaimana dia menyelesaikan semua pekerjaannya. Saya merasa banyak sekali yang harus dipelajari, kemudian saya berpikir, kalau saya saja sulit untuk mempelajarinya bagaimana dengan orang lain yang tidak mengerti bisnisnya ?.

Saya memang merasa kehilangan, tetapi saya juga bersyukur pada saat itu, karena seandainya dia tidak keluar, maka saya tidak akan pernah memikirkan untuk membangun sistem yang baik di Andal. Sejak saat itu saya mulai memperhatikan administrasi di kantor dan saya mulai membuat sistemnya. Setelah selesai sistemnya, maka dengan mudah saya mencari pengganti sekretaris saya ini, dan sejak saat itu pula saya tidak punya sekretaris lagi. Artinya pekerjaan yang harus saya selesaikan, akan saya selesaikan sendiri, seperti agenda kegiatan saya.  Saya tidak bisa membayangkan seandainya itu terjadi pada saat ini, dimana jumlah pelanggan Andal Software sudah banyak, kemudian tidak ada sistem yang bagus, maka masalahnya akan besar sekali.

Permasalahan dengan perusahaan yang tidak mempunyai sistem yang baik, pekerjaan karyawan menjadi tidak spesifik. Hal ini akan menyulitkan dalam memberi penilaian karyawan. Kalau harus mencari penggantinya juga susah sekali, karena pekerjaannya tidak spesifik.

Pelajaran Yang Saya Dapatkan
Dari pengalaman tersebut, mempunyai karyawan yang serba bisa untuk mengerjakan banyak pekerjaan bukannya murah, tetapi mahal sekali karena :

  1. Pada saat karyawan tersebut resign maka pekerjaan yang dilakukan sulit untuk digantikan dengan orang lain. Pertanyaannya adalah apakah di dalam suatu perusahaan ada pekerjaan yang sulit untuk digantikan dengan orang lain ? Kalau jawabannya ya, harus waspada, karena setiap pekerjaan harus dapat digantikan dengan orang lain, karena kita tidak pernah tahu kalau orang yang bekerja itu bisa bertahan lama atau tidak. Karyawan dapat berhenti kapan saja, dengan alasan apa saja, tetapi perusahaan harus tetap berjalan.
  2. Penilaian untuk karyawan yang tugasnya mengerjakan banyak hal, penilaiannya menjadi sulit karena outputnya biasanya tidak jelas juga.

Pada saat Andal Software belum mempunyai sistem seperti sekarang ini, kami sulit untuk mengetahui apakah orang tersebut dapat melakukan pekerjaannya atau tidak. Sekarang ini dengan sistem yang jelas maka setiap orang tahu apa yang harus dikerjakan, dan hasilnya harus seperti apa, semua ukurannya jelas. Sehingga bila ada karyawan yang tidak mampu dengan cepat akan terlihat.

Apakah saya bangga dengan mempunyai karyawan yang serba bisa ? tentu saja bangga.  Tetapi saya akan lebih bangga lagi kalau semua karyawan dapat dengan mudah digantikan, bahkan saya sendiri ingin dapat digantikan. Karena kalau setiap karyawan dengan mudah digantikan artinya sistem di dalam perusahaan tersebut sudah berjalan dengan baik, tidak tergantung dengan orang tertentu. Kalau saya sendiri sebagai pemegang posisi teratas juga dapat dengan mudah digantikan, maka saya yakin perusahaan yang saya pimpin bisa bertahan dan bertumbuh hingga ratusan tahun. Ini adalah pekerjaan yang menurut saya tidak mudah tetapi harus saya lakukan, bagaimana perusahaan dapat beralih kepemimpinan dengan baik, artinya saya juga harus membuat pekerjaan saya terdefinisi dengan jelas.

Kunci utama yang harus saya lakukan adalah bagaimana saya dapat membangun leader-leader baru di dalam perusahaan, sehingga pada saatnya nanti leader tersebut dapat menggantikan saya, dan di bawah akan tumbuh leader yang baru. John C Maxwell mengatakan bahwa keberhasilan seorang leader adalah kalau dia dapat mencetak leader.

 


penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

No data to display