rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Cara Jitu Meraih Mimpi

Cara Jitu Meraih Mimpi

Belum lama ini saya bertemu dengan seorang teman yang telah lama tidak pernah bertemu, teman saya ini relatif masih muda umurnya di penghujung kepala tiga, dan sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Untuk meraih mimpinya dalam kehidupan dia bekerja sangat keras, saya tidak dapat membayangkan ada orang yang bekerja di tiga perusahaan sekaligus. Pada saat saya tanya bagaimana caranya dapat bekerja di tiga perusahaan sekaligus adalah dengan bekerja fulltime di satu perusahaan utama, dan di dua perusahaan yang lainnya parttime. Untuk dapat mengejar pekerjaannya tersebut teman saya ini hanya tidur empat jam sehari. Sering juga tidur di kantor atau di mobil, tentunya dia melakukan ini sudah tahunan.

Kemudian saya mulai bertanya, apa sebetulnya yang dikejar dalam hidup ini sehingga mau bekerja di tiga perusahaan dalam waktu yang bersamaan ? setelah lama tidak ada jawaban yang keluar dari mulutnya saya ubah pertanyaannya, dalam waktu lima tahun kedepan kehidupan semacam apa yang kamu inginkan ? barulah dia menyebutkan beberapa hal seperti, ingin punya rumah dengan besar tertenu, penghasilan sekian rupiah sebulan, ingin menaikan haji orang tua dan dia sekeluarga, serta punya usaha sendiri.

Pada saat punya usaha sendiri saya tanya, berapa penghasilan dari usaya yang diinginkan ? ternyata punya usaha adalah alat untuk mencapai tujuan dia mendapatkan penghasilan yang telah dituliskan.

Saya mulai berhitung dengan dia, bahwa waktu yang diperlukan untuk mendapatkan itu semua adalah 20 Jam sehari, karena dia tidur hanya 4 jam sehari. Pertanyaannya adalah berapa rupiah per jam yang harus dia hasilkan untuk dapat mengejar mimpi tersebut ?, seandainya pun jam nya diperpanjang tetapi berapa banyak uang yang akan dihasilkan dari memperpanjang jam kerja ? misalkan perjam dia akan mendapatkan Rp. 100,000.- jadi kalau bekerja selama 7 jam sehari akan mendapatkan 700,000.- tetapi kalau memperpanjang hingga 20 jam akan mendapatkan 2 juta sehari.

Agar dapat menghasilkan lebih banyak lagi dalam sehari akan lebih efektif kalau dapat meningkatkan jumlah rupiah per jamnya dibandingkan dengan menambah jam kerja. Karena penambahan jam kerja terbatas sekali karena masing masing dari kita dapat modal yang sama selama 24 jam.

Kemudian saya tanyakan sama teman saya ini, seandainya Andal Software saya kerjakan sendiri semuanya apakah saya akan mampu mendapatkan jumlah customer sebesar 500 ? saya pikir tidak karena saya tidak punya waktu untuk support customer, tidak punya cukup waktu melakukan penjualan dan tidak punya waktu utnuk mengembangkan produk. Maka saya harus mempunyai mitra untuk mengembangkan Andal Software, seorang mitra adalah seorang pengusaha yang bekerja sesuai bidangnya yang diperlukan oleh Andal Software untuk berkembang lebih besar lagi.

Jadi saya mengharapkan para andalers adalah seorang pengusaha yang memberikan jasanya agar Andal Software dapat lebih besar lagi, dan dia akan mendapatkan bagian sesuai dengan nilai tambah dari jasa yang dia berikan. Sehingga makin besar nilai tambah atas jasa yang diberikan  Andal Software harusnya memberikan imbalan yang sesuai dengan nilai kontribusi yang diberikannya.

Kalau di Team Andal Software adalah buruh Andal Software sulit untuk menjadi besar, karena mereka bekerja harus diperintah, harus diawasi, biaya untuk memerintah dan mengawasi sangat besar sekali. Jadi saya tidak mau melakukan pengawasan didalam perusahaan apalagi selalu memberikan perintah. Mental pengusaha akan berbeda dengan buruh, kalau sudah diberikan goal apa yang harus dikejar, mereka akan mengejarnya.

Sehingga peranan seorang CEO seharusnya memberikan goal pada masing masing divisinya, dan seorang division head harus dapat memberikan goal pada masing-masing departemennya untuk dapat mengejar goal divisinya. Dan seterusnya hingga semua team didalam perusahaan tersebut tahu apa yang harus dikejar. Andal Software untuk dapat mensinkronkan goal besarnya menggunakan Objective Key Result, yang digagas oleh John Doer seorang Venture Capitalist yang sangat di kenal di Amerika.

Saya kembali ke perbincangan dengan teman saya tadi, terus dia mengambil kesimpulan bahwa seharusnya dia belajar menjadi lebih mahir lagi apa yang dia lakukan sehingga nilai jualnya lebih tinggi, atau dia berbagi dengan temannya agar pekerjaan yang dia lakukan dapat menjadi lebih banyak.

Pelajaran Yang saya dapatkan
Setiap orang mempunyai kemampuan untuk mengejar mimpinya, sebesar apapun mimpi yang dapat dia buat. Banyak yang tidak dapat meraihnya karena banyak dari mereka tidak dapat membedakan antara cara mendapatkan mimpi dan mimpinya itu sendiri.

Bila ada seseorang yang sedang mengejar mimpi dan mempunyai strategi yang benar, dekatlah pada dia, karena seseorang untuk merealisasikan mimpinya tidak dapat dia lakukan sendirian. Semakin besar mimpinya semakin banyak orang yang akan terlibat. Karena mimpi yang besar memerlukan lebih banyak lagi orang yang diperlukan untuk mewujudkannya. Membangun impian ibarat membangun rumah, semakin besar rumah yang dibangun semakin banyak orang yang diperlukan.

 


penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

05 Jul 2019 | 2043
30 Aug 2019 | 1716