rss

Payroll Software | Artikel Pengembangan Diri

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Kesuksesan Adalah Perjalanan, Bukan Tujuan

Kesuksesan Adalah Perjalanan, Bukan Tujuan

Pada suatu saat saya berbincang dengan seorang teman, kemudian saya bertanya, apa yang kau inginkan dalam hidup ini ? dia jawab aku ingin menjadi orang yang sukses. Kemudian saya bertanya lagi untuk menjadi orang sukses itu seperti apa ya ? teman saya menjawab, saya akan menjadi orang sukses kalau saya sudah mempunyai rumah di kawasan elit, punya mobil yang kelas menengah, dan anak saya dapat belajar di sekolah yang terkenal.

Oh bagus sekali, itu pasti suatu prestasi yang luar biasa kalau dapat mencapai kehidupan seperti itu. Kemudian saya bertanya lagi, seandainya kamu sudah mendapatkan itu semua kemudian apa lagi yang ingin kamu kejar ? Pertanyaan terakhir ini membuat dia berpikir cukup lama, dan kelihatannya sulit untuk menemukan jawabannya.

Kesuksesan bukan suatu tujuan namun kesuksesan adalah sebuah perjalanan yang tiada ujungnya. Karena bila seseorang sudah mencapai kesuksesan dan tidak dilanjutkan lagi untuk meraih yang lebih tinggi lagi, maka kita akan berhenti bertumbuh.

Disetiap tahap kesuksesan mempunyai tantangan yang berbeda, dan setiap orang harus melalui tangga kesuksesan dari yang paling bawah. Sedangkan waktunya ada yang lebih cepat, ada yang lambat dan ada juga yang sedang, bahkan ada juga yang berhenti. Sama halnya dengan sekolah, untuk mencapai kelas yang lebih tinggi lagi harus melalui ujian, dan semakin tinggi tentunya semakin berat ujiannya, tetapi karena dilalui secara bertahap kita tidak akan merasakannya bahwa ujian tersebut menjadi lebih berat.

Pada saat kelas 1 SD kita diuji untuk menghitung tambah, kurang, kali, bagi, dan pada saat kelas 5, tambah, kurang, kali, bagi, tidak diuji lagi tetapi digunakan untuk menyelesaikan soal yang lebih kompleks lagi. Perbedaan antara sekolah dan kehidupan adalah di sekolah terstruktur, kurikulumnya jelas, apa yang harus dipelajari sudah jelas, sedangkan di dunia kehidupan semuanya tidak jelas, pelajaran apa yang harus dikuasai agar naik kelas tidak jelas. Sehingga banyak orang yang berhenti belajar pada saat selesai sekolah, dan tentunya kehidupannya akan stagnan.

Sama halnya pada saat kita membangun usaha, setiap tahapan usaha mempunyai tantangan yang berbeda. Kalau belum dapat melewati tantangan yang satu, sulit untuk mendapatkan tantangan berikutnya. Kita pasti akan berputar putar disekitar permasalahan yang serupa, bila kita tidak bisa mengatasi tantangan yang ada dengan baik.

Saya sering sekali berbagi tentang perjalanan Andal Software dan sering pula saya memberitahukan strategi apa yang akan ditempuh oleh Andal Software. Banyak teman saya menanyakan apakah saya tidak takut, bahwa strategi yang akan saya ambil dapat ditiru oleh orang lain ?, Selama ini saya percaya bahwa untuk menjalankan suatu strategi tertentu memerlukan pengalaman dan pemikiran yang sama untuk mencapai tujuan yang sama. Kalau saya mau berbagi, mungkin pada suatu saat strategi yang saya sharingkan bisa berguna untuk orang lain, karena saya mendapatkan strategi itu tentunya saya banyak membaca strategi perusahaan lain. Dengan saya berbagi maka saya sudah menjalankan misi Andal Software, “Helping Others Grow”.

Sebetulnya di dalam dunia bisnis yang tidak dapat disaingi adalah kultur perusahaan. Tidak ada satupun perusahaan di dunia ini mempunyai kultur yang sama, karena kultur biasanya mencerminkan alasan dari pendiri mengapa dia mendirikan perusahaan. Salah satu kultur perusahaan yang perlu dijaga adalah integritas, karena kalau tidak mempunyai integritas maka sulit untuk dapat dipercaya. Perusahaan yang menjadi kuat adalah mempunyai kerjasama team yang baik, di Andal Software saya sangat menekankan kerjasama team, untuk membangun kerjasama team yang baik ini, kami sering melakukan kegiatan di luar pekerjaan. Kegiatan di luar pekerjaan ini yang akan dapat melihat sifat dasar dari masing-masing orang, apakah orang tersebut dapat bekerjasama dengan yang lainnya atau tidak.

Pelajaran yang Saya Dapatkan
Kalau yang disebut kesuksesan adalah pada saat mencapai suatu goal atau tujuan, tentunya setelah satu goal tercapai kita akan membuat goal yang lainnya untuk kita kejar, sehingga untuk mengejar goal tidak akan pernah tercapai. Karena selalu akan membuat goal baru pada saat goalnya telah tercapai, maka itu kesuksesan bukan suatu tujuan melainkan perjalanan.

Untuk menjalani kesuksesan demi kesuksesan, kita harus selalu mempelajari hal-hal baru, karena kemampuan yang ada sekarang ini tidak mungkin dapat digunakan untuk membawa ke kesuksesan di tingkat berikutnya.

 


penulis :
INDRA SOSRODJOJO
DIREKTUR ANDAL SOFTWARE

Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

05 Jul 2019 | 2043
30 Aug 2019 | 1716