Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Diperlukan Kerendahan Hati untuk Menjadi Besar

Diperlukan Kerendahan Hati untuk Menjadi Besar

Saya beruntung dilahirkan di keluarga besar. Dimana banyak sekali memiliki saudara-saudara, sehingga sejak kecil saya dapat mengamati apa yang mereka lakukan dan saya dapat belajar dari mereka. Pada saat saya mulai menginjak dewasa, saya sudah terbiasa dengan mengamati banyak orang. Yang menjadi menarik dalam mengamati orang adalah sebuah pertanyaan. Apa yang membedakan orang yang mempunyai usaha menjadi besar dan orang yang usahanya menjadi besar kemudian hilang atau jatuh? Atau ada juga orang yang berusaha tetapi perkembangan usahanya statis.
Menyalahkan Orang Lain

Menyalahkan Orang Lain

Sering kita temui orang yang suka menyalahkan orang lain. Bahkan ada orang yang tahu dirinya yang salah, tetapi masih menyalahkan orang lain. Dulu saya juga sering menyalahkan orang lain, tujuannya adalah agar saya tidak disalahkan. Sebetulnya apa yang terjadi pada saat seseorang menyalahkan orang lain? Dengan menyalahkan orang lain, maka orang tersebut tidak pernah akan melakukan refleksi apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang sama. Seseorang yang tidak pernah melakukan refleksi diri akan sulit untuk mengembangkan dirinya, bisa jadi orang tersebut tidak akan pernah bertumbuh.
Belajar dari Buku Tua

Belajar dari Buku Tua

Saya mempunyai koleksi buku cukup banyak. Banyak juga buku-buku yang sudah tua. Buku terbitan tahun 70 – 80, kalau dilihat dari umurnya sudah lebih dari 30 tahun. Salah satunya tentang marketing dengan menggunakan data. Pada saat itu sudah ada komputer tetapi internet belum booming, bahkan pengguna email belum banyak. Dalam buku tersebut disarankan agar mempunyai data alamat yang dapat digunakan untuk target marketing. Disarankan pula di data tersebut dapat diketahui gender dan pendidikan. Alamat tersebut nantinya sebagai sasaran untuk dikirim bahan promosi dengan menggunakan kartu pos, atau selebaran berupa surat, atau bahan promosi lainnya.
Agile Leadership

Agile Leadership

Minggu lalu saya menghadiri seminar tentang Agile Leadership. Kata Agile banyak digunakan pada saat sekarang ini, mengapa baru sekarang kata tersebut digunakan? Apakah itu yang disebut dengan Agile? Kalau saya melihat di kamus kata Agile sendiri mempunyai arti dapat bergerak cepat dan mudah. Kalau bahasa Indonesianya sepadan dengan kata tangkas. Tentunya semua dari kita merasakan sekali perubahan kehidupan yang sangat cepat. Perubahan ini terjadi di segala bidang, dan yang paling cepat tentunya pada bisnis. Siapa yang tidak cepat melakukan adaptasi terhadap perkembangan teknologi, perusahaan tersebut tidak dapat bersaing dan akhirnya namanya bisa hilang di dunia bisnis.
Berlatih Mendengarkan

Berlatih Mendengarkan

Saya perhatikan kalau saya bertemu dengan beberapa teman, semakin sukses seseorang ternyata dia semakin sabar untuk mendengarkan lawan bicaranya. Saya sering terlalu cepat untuk berbicara, seolah memotong pembicaraan. Maka lawan bicara saya akan berhenti berbicara dan mempersilahkan saya untuk berbicara duluan. Saya sadar setelah dia berhenti, akhirnya saya akan mempersilahkan lawan bicara saya melanjutkan pembicaraannya. Awalnya saya memang suka berbicara, jarang sekali mendengarkan orang lain berbicara dan juga suka memotong pembicaraan. Setelah saya memperhatikan orang yang semakin sukses, dia semakin sabar untuk mendengarkan orang lain berbicara.
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest