Artikel Pengembangan Diri | Payroll Software

Sharing pengalaman dalam perjalanannya untuk mengembangkan Andal Software, dari segi Leadership, People Development, dan pola berpikir untuk mengembangkan bisnis.

The Role of Vision in the Company

The Role of Vision in the Company

Seberapa penting peranan vision di dalam perusahaan, terutama perusahaan dengan jumlah karyawan yang sudah cukup banyak. Saya pernah membaca buku yang berjudul “Essentialism” yang ditulis oleh Greg McKeown, Essentialist digambarkan lingkaran yang terbuat dari benang dan teratur, sedangkan nonessentialist digambarkan sebagai benang kusut. Bila sebagian besar karyawan di dalam perusahaan tahu persis vision dari perusahaan dan mereka mempunyai rasa tanggung jawab untuk mengejar vision perusahaan, maka perusahaan tersebut bisa seperti anak panah yang melesat dengan cepat. Karena semuanya fokus ke satu titik.
Apakah Upahnya Mengerjarkan untuk Menghasilkan yang Terbaik?

Apakah Upahnya Mengerjarkan untuk Menghasilkan yang Terbaik?

Saya teringat pada tahun 90 an, dimana saya masih menulis program untuk membuat software. Pada saat itu saya ingin mengubah model bisnis dari menerima pesanan untuk membuat paket. Paket software yang akan dibuat untuk Akuntansi yang diberi nama PRESISI.
Sebelum Menjadi Ahli Dimulai dari Pemula

Sebelum Menjadi Ahli Dimulai dari Pemula

Sering kali kita melihat orang lain sukses, kemudian mengatakan “ya dia sih enak dengan segala fasilitas yang ada pasti bisa”. Kalau saya mendengar perkataan ini, dahulu saya akan mengatakan “ya bener ya”, tetapi sekarang saya akan bertanya lagi, apa sebenarnya faktor yang menjadikan dia bisa menjadi seperti itu?
Keberhasilan Seorang Leader Tergantung Bagaimana Dia Mengasihi Pengikutnya

Keberhasilan Seorang Leader Tergantung Bagaimana Dia Mengasihi Pengikutnya

Seorang manager atau direktur belum bisa dikatakan sebagai leader, jika mereka diberikan kekuasaan untuk memimpin anak buahnya. Saya sering mendengarkan kata-kata “Leader saya kurang memperhatikan anak buahnya”, kata leader dalam kata-kata tersebut menurut saya salah, dia bukanlah sebagai leader melainkan manager. Jauh lebih mudah menjadi manager dibandingkan dengan leader, karena manager hanya ditunjuk, sedangkan untuk menjadi leader harus bekerja keras sehingga pengikutnya mengangkat dia menjadi leader. Itu sebabnya terjadi istilah informal leader, seorang yang kata-katanya dan perbuatannya diikuti oleh para pengikutnya walaupun dia tidak memiliki jabatan apapun, baik didalam perusahaan maupun didalam suatu organisasi.
Alangkah Indahnya Kalau Hidup Ini Tidak Ada Masalah

Alangkah Indahnya Kalau Hidup Ini Tidak Ada Masalah

Beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan seorang teman yang mengatakan bahwa dia punya banyak masalah. Dalam diskusinya terlontarlah kata-kata “Alangkah indahnya hidup ini kalau tidak ada masalah”. Pada saat selesai mengatakan itu, saya menjawab “Kalau saya hidup tanpa tantangan, saya akan merasa bosan”. Saya lihat muka dia agak bingung dengan pernyataan saya itu. Sudah lama sekali saya hampir tidak pernah mengatakan bahwa saya punya masalah, saya ganti kata masalah tersebut dengan tantangan.
Loading
  • Referensikan teman Anda untuk membaca.


Most Popular 3 Months Latest

09 Nov 2018 | 1603