Blogs Andalers

Givari Fairus F. Deu

Givari Fairus F. Deu

Perkenalkan semuanya, Saya Givari Fairus Ferdiansyah Deu, kalian bisa memanggil saya Deu, saya berasal dari daerah Gorontalo, saya lulusan Institut Teknologi PLN dan berdomisili di daerah Jakarta Barat, saya belum menikah jadi masih ada kesempatan untuk membangun chemistry bersama anda (cewek) untuk memulai hubungan yang berjangka panjang... heheh canda wkwk.

Pada saat saya lulus, saya memutuskan untuk tetap melanjutkan perjuangan rantau saya di Ibukota dengan tidak keluar dari jalur background saya Teknik Informatika. Ketika memulai karier dan bekerja dahulu diperusahaan-perusahaan sebelumnya sebagai peserta magang dengan title Software Quality Assurance membuat saya cukup tertarik dengan dunia pekerjaan IT, hingga sampai saat ini saya diterima di Andal Software sebagai Product Owner. Sebenarnya, tidak akan terpikirkan menjadi seorang Product Owner yang menangani beragam hal yang cukup kompleks dan menantang, baik dari sisi teknologi, bisnis dan berusaha fokus membantu konsumen atau pengguna akhir, serta juga beradaptasi dengan hal yang dinamis, sekaligus berpikir kreatif, namun dituntut pula dapat bekerja secara sistematis terstruktur, plus dapat bekerja sama serta berdiskusi dengan banyak pihak.

Berawal dari ketika saya diterima sebagai Andalers pada perusahaan ini menjadikan semangat baru dengan title yang baru dan pengetahuan yang baru, bertemu dengan sosok seperti Pak Indra Sosrodjojo sebagai Direktur ketika saya diinterview oleh beliau dalam menjelaskan bagaimana culture pada Andal Software sendiri membuat saya semakin tertarik, setiap karyawan saling membantu satu sama lain meskipun bukan jobdescnya sendiri, setiap karyawan dituntut untuk bertumbuh dan berkembang dengan hal hal yang baru merupakan challenge tersendiri bagi saya dalam melakukan growth pada knowledge dengan title ini. Visi SDM pada perusahaan ini adalah salah satu aspek yang penting untuk menjadi perusahaan yang maju. Selain itu, saya juga dapat merasakan bagaimana sikap dari teman-teman yang ada disini ketika merangkul satu sama lain membantu dari setiap pekerjaannya untuk bertumbuh dari hal dasar sampai dengan akhir, disini saya juga bisa berkreatif, memberikan saran dan kritik yang membangun dalam hal mengembangkan kapabilitas saya baik intra/interpersonal skill, soft skills dan hard skill..

Ketika saya terjun dengan tim Product lainnya bertemu dengan sosok atasan pak Johanns Sandida yang banyak mengajarkan saya jobdesc yang benar menjadi Product Owner dengan konsep kerja E2E. Last not least, seorang Product Owner juga berdiskusi dengan teman-teman QA (Quality Assurance), Developer (Front-End/Back-End) dan UI/UX (User Interface/User Experience) yang dikenal sebagai Development Team, yang mana pola kerja yang kami gunakan yaitu Metodologi Scrum dalam hal mengembangkan Product Software. Berkomunikasi dengan teman-teman BA (Business Analyst) dari segi pembuatan PRD (Product Requirement Document) yang diturunkan dari URD(User Requirement Document) dan juga menjadi penyambung antara frontliner dalam hal ini dikenal sebagai Application Support dengan Development Team dari segi perbaikan fitur.

So, kesimpulannya seorang Product Owner adalah inti dan central dari Development Team, bertanggung jawab terhadap segala hal terkait produk tersebut, termasuk dalam perencanaan, pengembangan, implementasi, sampai process monitoring, bekerja sama dengan pihak terkait. Biasanya posisi ini punya wewenang yang cukup besar, tergantung kebijakan perusahaan atau tergantung kebutuhan, sehingga memiliki jangkauan kerja yang cukup luas dan mempunya fungsi leader yang menjembatani seluruh fungsi dan tim terkait.

How you ? apakah kalian siap menerima tantangan dan growth bersama #Andalers lainnya ?

Terima kasih sudah membaca sampai akhir dari tulisan ini, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi teman-teman dalam menempa karir di seputar Product Management.

#Helpsothergrowth

 

Kami Bertumbuh
Dalam mengembangkan Andal Software, kami mulai membangun Andalers.
Dengan Andalers bertumbuh, maka Andal Software akan berkembang.