Blogs Andalers

Yohana Adelina Pasaribu

Yohana Adelina Pasaribu

Haii.. Perkenalkan nama Saya Yohana, saat ini bekerja di PT. Andal Software Sejahtera sebagai Associate Product Owner. Selain bekerja, saya juga sedang melanjutkan pendidikan jenjang magister di salah satu Universitas di Jakarta. Bekerja sembari kuliah tidaklah mudah bagi saya, tetapi Saya bersyukur karena hingga saat ini masih memiliki pekerjaan yang bisa berjalan beriringan dengan kesibukan saya selama kuliah dan lingkungan kerjanya yang mendukung satu sama lain untuk bertumbuh.

Dukungan untuk bertumbuh ini dapat saya rasakan sejak saya mengikuti proses interview hingga saat bekerja disini. Ketika interview, Pak Indra Sosrodjojo sebagai Direktur sudah menyampaikan bagaimana Andal Software sangat mendukung para Andalers (sebutan untuk karyawan disini) untuk bertumbuh dan berkembang. Beliau percaya bahwa perusahaan juga akan ikut bertumbuh seiring pertumbuhan orang-orang di dalamnya. Maka dari itu, pembangunan SDM adalah salah satu aspek penting yang menjadi misi perusahaan. Selain itu, saya juga dapat merasakan bagaimana ketulusan teman-teman yang ada disini dalam membantu satu sama lain untuk bertumbuh, seperti membantu Saya dalam beradaptasi dengan ritme kerja disini ketika awal masuk, mau memberikan saran dan kritik yang membangun, memberikan kesempatan untuk mengembangkan kapasitas soft skills dan hard skill, dan sikap rendah hati yang mereka tularkan.

Hal di atas sangat berkesan bagi Saya, karena setiap orang merasa dihargai dan punya kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensinya. Pekerjaan juga tidak terasa seperti kompetisi terhadap satu sama lain, melainkan pertarungan yang harus kita menangkan bersama sebagai satu tim. Salah satu contohnya adalah dengan berbagi pengetahuan yang kita miliki untuk membantu tim lain dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Namun, bertumbuh juga tidak semudah itu. Ketika lingkungannya sudah mendukung, pilihannya tetap ada pada diri kita. Apakah kita mau dibentuk jauh lebih baik dari kapasitas kita saat ini?

Contoh pilihan yang saya ambil adalah beralih minat sebagai seorang Product Owner. Sebelumnya Saya tidak mengerti tentang pengembangan produk menggunakan metode Agile,tidak terbiasa bekerja dalam tim, dan belum memiliki pengalaman sebagai seorang Product Owner karena sebelumnya Saya bekerja sebagai developer Pega System di salah satu perusahaan Asuransi di Jakarta. Hal ini membuat Saya harus memaksakan diri untuk mau dibentuk disini. Namun, Saya bersyukur karena dapat bekerja sembari belajar, mendapatkan banyak pengalaman baru, dan dibimbing oleh rekan-rekan maupun atasan saya.

Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian juga siap untuk menerima tantangan dan bertumbuh bersama Andal Software?

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi siapapun yang membacanya. Salam #Andalerskece

 
 

 

Kami Bertumbuh
Dalam mengembangkan Andal Software, kami mulai membangun Andalers.
Dengan Andalers bertumbuh, maka Andal Software akan berkembang.